Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Ketua DPR Minta Bank Penyimpan Dana Haji Ikut Berkontribusi

Laporan: Ruslan Tambak | Rabu, 21 September 2016, 03:22 WIB
Ketua DPR Minta Bank Penyimpan Dana Haji Ikut Berkontribusi

Ade Komarudin/Net

. Ketua DPR RI Ade Komarudin yang juga bertugas sebagai Ketua Pengawas dan Rombongan Haji 2016, menilai kekurangan penyelenggaraan haji tahun ini ada pada tenda yang ada di Padang Arafah.

Menurut pemantauan Ade selama berada di Makkah, tenda yang ada di Arafah untuk jemaah haji Indonesia kurang layak, masih banyak fasilitas mendasar yang tidak sesuai dengan standar.

Mencari solusi atas masalah tersebut, Ade mengusulkan agar para pimpinan perbankan bisa berkontribusi dalam perbaikan fasilitas yang dimaksud. Usulannya tersebut berdasar, karena triliunan rupiah dana haji tersimpan di bank, dengan begitu bank tentu sudah mendapat keuntungan banyak dari penyimpanan dana tersebut.

"Untuk tenda di Arafah yang kurang layak kita akan mengundang para pimpinan perbankan yang ditempati dana haji. Sebanyak Rp 84 triliun itu supaya mereka mengeluarkan sisanya. Supaya tenda yang tidak layak di Arafah itu bisa diatasi untuk pelaksanaan haji tahun depan," ungkap politisi Partai Golkar itu Jakarta, Selasa (20/9).

Nantinya bisa saja bank-bank yang menyimpan dana haji tersebut memberikan bantuan sosialnya kepada penyelenggaraan haji. Karena dari sisi bisnis, apabila masing-masing jemaah menyetor Rp 25 juta untuk memperoleh nomor porsi dengan waktu tunggu rata-rata tujuh tahun, dapat dibayangkan berapa dana yang menumpuk secara tunai di kas-kas perbankan yang kontrolnya berada di tangan Menteri Agama.
 
Ade mengatakan, dalam waktu dekat akan mengadakan evaluasi dengan para pemangku kepentingan penyelenggara haji tahun ini. Agar di musim haji tahun depat tidak ada masalah sama yang terulang lagi.

"Saya akan tindaklanjuti, sebagai ketua pengawas dan rombongan nanti, entah pekan ini atau pekan depan pertemuan dengan beberapa pejabat tinggi instansi yang terkait dengan pelaksanaan haji untuk mengantisipasi haji tahun depan," papar dia. [rus]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)