Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Program Tol Laut Kemungkinan Dilanjutkan Prabowo, Kemenhub Telah Usulkan Anggarannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 09 Oktober 2024, 09:34 WIB
Program Tol Laut Kemungkinan Dilanjutkan Prabowo, Kemenhub Telah Usulkan Anggarannya
Ilustrasi/RMOL-AI
rmol news logo Program tol laut diharapkan tetap dilanjutkan di pemerintahan baru. 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan telah mengusulkan agar program tol laut tetap dilanjutkan karena merupakan bagian dari rencana strategis pemerintah untuk meningkatkan konektivitas dan distribusi barang di seluruh wilayah Indonesia.

Kemenhub sendiri telah mengusulkan anggaran program Tol Laut sebesar Rp1,12 triliun pada 2025. 

"Yang jelas bagi kami, dari Kementerian Perhubungan khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, bahwa tol laut ini akan kami mohonkan untuk tetap dipertahankan (di pemerintahan baru)," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Hartanto di Jakarta, dikutip Rabu 9 Oktober 2024. 

"Kami sudah mengajukan anggaran untuk tahun 2025, sehingga kemungkinan tol laut ini masih jalan. Memang anggaran kan belum ketuk palu, tapi sudah kita ajukan dan nanti di bulan Desember baru kita lihat betul anggaran itu," tambahnya. 

Hartanto menekankan bahwa tol laut merupakan program unggulan lantaran bisa menekan disparitas harga untuk wilayah Indonesia timur khususnya di wilayah 3TP (tertinggal, terdepan, terluar, dan perbatasan). 

Namun begitu, pihaknya mengaku masih terdapat beberapa kekurangan tol laut seperti muatan balik yang hanya 30 persen. 

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi pernah mengatakan bahwa muatan tol laut dalam 10 tahun terakhir naik signifikan. 

Ia memaparkan bahwa pada 2015, dari 30 ton dengan 88 TEU’s menjadi 851,7 ton dengan 24.556 TEU’s pada 2024. Selain muatan pelabuhan singgah, Tol Laut juga mengalami kenaikan dari 11 pelabuhan pada 2015 menjadi 109 pelabuhan pada 2024. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA