Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Program Biodiesel B50 Masih Dalam Kajian, Pemerintah Sedang Fokus B35 dan B40

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 08 Oktober 2024, 12:11 WIB
Program Biodiesel B50 Masih Dalam Kajian, Pemerintah Sedang Fokus B35 dan B40
Ilustrasi/Net
rmol news logo Program biodiesel B50 yang ditujukan untuk mengurangi impor energi sekaligus mendorong penggunaan energi hijau, masih dalam tahap kajian.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyatakan, saat ini Indonesia baru menyelesaikan implementasi biodiesel B35 dan B40.

"Saat ini, kita fokus pada B35 dan B40 yang sudah hampir selesai," kata Bahlil di sela acara Penganugerahan Penghargaan Keselamatan Migas 2024 di Jakarta, dikutip Selasa 8 Oktober 2024. 

"Untuk B50, kami masih dalam tahap kajian," katanya.

Kajian B50 dilakukan sebagai upaya lanjutan untuk mencapai pengurangan impor energi secara signifikan dan mendukung transisi menuju energi hijau di masa depan.

Menurut Bahlil, hal itu merupakan langkah awal dalam transisi menuju energi yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Bahlil juga menyoroti bahwa tren global menunjukkan pergeseran dari energi fosil, seperti batu bara, ke sumber energi terbarukan.

Namun, transisi ini menghadapi tantangan, terutama terkait dengan investasi yang diperlukan di sektor energi hijau.

Bahlil yakin, pemerintah akan melakukan perencanaan yang baik agar Indonesia dapat memenuhi target net zero emission pada tahun 2060. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA