Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Reduksi Emisi Transportasi, CitraRaya Tangerang Usung Konsep 10-Minute City

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 19 September 2024, 20:18 WIB
Reduksi Emisi Transportasi, CitraRaya Tangerang Usung Konsep 10-Minute City
PT Ciputra Residence, meluncurkan konsep "10-Minute City" seluas 2.760 hektar di CitraRaya Tangerang/Ist
rmol news logo Ciputra Group, melalui anak usahanya, PT Ciputra Residence, meluncurkan konsep "10-Minute City" seluas 2.760 hektar di CitraRaya Tangerang. 

Ini adalah proyek pengembangan Kota Terpadu terbesar Ciputra Group yang menawarkan kemudahan akses penghuni sehari-hari dalam waktu 10 menit dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum. 

Managing Director Ciputra Group, Budiarsa Sastrawinata, mengatakan konsep ini sekaligus mengurangi emisi transportasi, dan meningkatkan kesejahteraan serta keamanan masyarakat.

Hal yang sama seperti yang diusung pemerintah pusat saat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menerapkan prinsip 10-Minute City, dengan memprioritaskan jalur pejalan kaki, transportasi ramah lingkungan, dan keterjangkauan fasilitas di dalamnya. 

"10-Minute City adalah konsep yang kami usung di CitraRaya Tangerang, sejalan dengan tren global ini," ujar Budiarsa Sastrawinata, di acara Launching CitraRaya Tangerang, Kamis (19/9).

Ciputra Group telah berkomitmen selama lebih dari empat dekade dalam menghadirkan hunian berkualitas, terintegrasi dengan infrastruktur dan fasilitas publik. Salah satunya melalui  CitraRaya Tangerang sebagai transformasi baru berkonsep "The Ten-Minute City". 

"CitraRaya Tangerang menawarkan sebuah konsep unik di mana segala kebutuhan, seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, rekreasi, olahraga, sarana ibadah, lifestyle, dan komersial, dapat diakses dengan berjalan kaki, bersepeda ataupun menggunakan transportasi umum dalam waktu 10 menit," terang Budiarsa.

CitraRaya Tangerang juga menghadirkan Citra Connect, shuttle bus yang beroperasi setiap 10 menit dengan rute ke 25 halte yang tersebar di seluruh kawasan CitraRaya Tangerang. Pengguna dapat dengan mudah membayar menggunakan contactless tapcard.  Setiap halte dan bus disiapkan dengan CCTV untuk keamanan dan kenyamanan pengguna bus.  Serta solar panel sebagai sumber energi alternatif dalam rangka mendukung konsep gaya hidup EcoCulture yang telah diterapkan di CitraRaya Tangerang sejak 2011.

Di setiap halte juga tersedia Beam Electric Scooter, skuter ramah lingkungan yang dapat diakses melalui pembayaran cashless. Ratusan skuter disediakan di setiap halte dan Beam Point di cluster-cluster residential, sehingga penghuni bisa menjelajahi seluruh kawasan dengan mudah dan nyaman. Rute Citra Connect nantinya akan diperluas di tahap-tahap selanjutnya.

Gaya Hidup Berkualitas dalam 10 Menit

"Dengan transformasi ini, CitraRaya Tangerang memungkinkan setiap keluarga yang tinggal di dalamnya hidup dengan nyaman, beraktivitas, dan menikmati berbagai momen kebersamaan tanpa harus menempuh perjalanan panjang yang melelahkan," lanjut Budiarsa.

Sejak dikembangkan pada tahun 1994, CitraRaya Tangerang telah menjadi rumah bagi lebih dari 80.000 jiwa dan terus berkembang menjadi pusat ekonomi baru di wilayah Tangerang Barat dengan lebih dari 1.800 unit komersial dan berbagai infrastruktur serta fasilitas modern.

Transformasi menjadi sebuah 10-Minute City ini menjadikan CitraRaya Tangerang sebagai tempat tinggal yang ideal bagi keluarga yang mendambakan gaya hidup berkualitas dan efisien. 

"Kami bertekad memberikan yang terbaik bagi seluruh penghuni CitraRaya Tangerang dan berkomitmen untuk terus mengembangkan infrastruktur dan fasilitas di masa mendatang guna mendukung penuh transformasi CitraRaya Tangerang The 10-Minute City," tutup Budiarsa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA