Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rute Tol IKN Ditargetkan Rampung Mulai Juni 2025

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 16 September 2024, 15:15 WIB
Rute Tol IKN Ditargetkan Rampung Mulai Juni 2025
Representative Image/Kementerian PUPR
rmol news logo Pembangunan jalan tol di sejumlah rute di Ibu Kota Nusantara (IKN) ditargetkan akan rampung pada Juni 2025.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan target tersebut untuk jalan tol Seksi 6B Outer Ring Road-Sp ITCHI, dan Akses Tol IKN Seksi 6C Sp ITCHI-Simpang 1B Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Sudah bagus dan rapi. Target selesai Juni 2025," kata Menteri Basuki dalam keterangan resmi, Senin (16/9).

Adapun Jalan Tol Seksi 6B dibangun dengan panjang 5,7 km, sementara Akses Tol Seksi 6C sepanjang 5,6 km. 

Sementara itu, Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengimbau agar Jalan Tol IKN Seksi 6B-6C juga dilakukan penghijauan untuk pengendalian erosi lahan. 

"Pada Jalan Tol IKN Seksi 3A-3B, metode yang sukses dilakukan yaitu taplok, ada tanaman dan media tumbuhnya, plus pupuk. Untuk jenis tanamannya sendiri yang lebih baik adalah bunga Fidelia, karena selain memang lebih baik secara visual, pertumbuhannya rapat dan tidak membelit sekitarnya," ujar Kasatgas Danis.

Menurut keterangan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Pembangunan IKN 1, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Andre Sirait, 
saat ini progress fisik untuk Seksi 6B sudah mencapai 41 persen dengan kontraktor pelaksana Brantas Abipraya - Bumi Karsa-CPA KSO. 

Sementara, untuk progress Seksi 6C sudah 77,35 persen dengan kontraktor pelaksananya PP-Waskita-YPP KSO.

"Untuk Seksi 6B, pekerjaan strukturnya sudah selesai, tinggal proses cut and fill. Kalau Seksi 6C pekerjaan strukturnya sudah 58,32 persen, dan untuk lahannya sudah 38,77 persen," jelasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA