Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank Sentral Eropa Kembali Pangkas Suku Bunga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 13 September 2024, 15:15 WIB
Bank Sentral Eropa Kembali Pangkas Suku Bunga
Ilustrasi/Net
rmol news logo Bank Sentral Eropa (ECB) kembali memangkas suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin bulan ini.

Seperti dikutip dari Euronews, Jumat (13/9), pemangkasan ini merupakan yang kedua dalam tiga bulan ke belakang, dan sesuai dengan perkiraan pasar.

 "Dewan Pengurus hari ini memutuskan untuk menurunkan suku bunga fasilitas simpanan – suku bunga yang digunakan untuk mengarahkan kebijakan moneter – sebesar 25 basis poin," kata ECB dalam pernyataannya.

Keputusan ini membuat suku bunga diturunkan menjadi 3,65 persen untuk operasi pembiayaan kembali utama, 3,90 persen untuk fasilitas pinjaman marjinal, dan 3,50 persen untuk fasilitas simpanan.

"Berdasarkan penilaian terbaru Dewan Pengurus terhadap prospek inflasi, dinamika inflasi yang mendasarinya, dan kekuatan transmisi kebijakan moneter, kini saatnya untuk mengambil langkah lanjutan dalam mengurangi tingkat pembatasan kebijakan moneter," kata bank sentral tersebut.

Adapun pemangkasan ini dilakukan saat inflasi terus mereda. Pertumbuhan harga konsumen zona euro melambat menjadi 2,2 persen pada Agustus, laju terlambat sejak Juli 2021. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA