Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SCI Apresiasi Pertumbuhan Logistik Nasional Lewat ILA 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Sabtu, 24 Agustus 2024, 06:52 WIB
SCI Apresiasi Pertumbuhan Logistik Nasional Lewat ILA 2024
Ilustrasi Foto/Net
rmol news logo Founder & CEO Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi menyatakan sektor logistik terus tumbuh secara konsisten dan berkontribusi penting terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.
HUT 79 RI

Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan dan kontribusi lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan terhadap PDB. Walaupun dalam lapangan usaha itu terdapat transportasi penumpang, namun dapat menggambarkan kinerja sektor logistik.

“Berdasarkan data BPS, lapangan usaha transportasi dan pergudangan tumbuh 9,56 persen  (y-on-y) dan berkontribusi sebesar 6,24 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Triwulan 2-2024,” kata Setijadi dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (24/8).

Lanjut dia, pada Triwulan 1-2024 lapangan usaha itu tumbuh 8,65 persen  (y-on-y) dan berkontribusi sebesar 5,93 persen terhadap PDB. Sebelumnya, pada Triwulan 4-2023 lapangan usaha itu tumbuh 10,33 persen  (y-on-y) dan berkontribusi sebesar 6,15 persen terhadap PDB.

Setijadi menjelaskan kinerja lapangan usaha itu dalam sekian periode terakhir selalu di atas rata-rata pertumbuhan semua lapangan usaha atau perekonomian Indonesia. Sebagai gambaran, pada Triwulan 4-2023, Triwulan 1-2024, dan Triwulan 2-2024, ekonomi Indonesia tumbuh berturut-turut sebesar 5,04 persen; 5,11 persen; dan 5,05 persen (y-on-y).

“Sebagai apresiasi terhadap para pelaku dan pemangku kepentingan sektor logistik dan sebagai upaya peningkatan LPI terutama dimensi Logistics Competence & Quality, SCI kembali menyelenggarakan Indonesia Logistics Awards (ILA) 2024,” ungkapnya.

ILA merupakan ajang apresiasi logistik bergengsi nasional yang diberikan kepada individu, perusahaan, dan institusi yang menunjukkan prestasi dan kinerja yang unggul serta berkontribusi penting dalam perkembangan logistik nasional; dan terdiri dari kelompok kategori umum (competing awards) dan kelompok kategori khusus (conferred awards).

Masih kata Setijadi, Kelompok kategori umum diberikan kepada perusahaan, institusi, dan individu yang menunjukkan kinerja dan layanan yang unggul di antara para penyedia jasa atau pihak pendukung bidang logistik serta berkontribusi penting dalam peningkatan efisiensi industri logistik atau perkembangan logistik nasional.

“Kelompok kategori umum pertama adalah Penyedia Jasa Logistik, terdiri atas Trucking Company, Shipping Company, Airfreight Forwarder, Seafreight Forwarder, Warehouse Provider, 3PL, dan Courier of the Year,” bebernya.

Penghargaan untuk Operator Infrastruktur Logistik mencakup untuk Container Terminal Operator, Non-Container Terminal Operator, dan Container Depot. Selain itu, akan diberikan penghargaan untuk supporting institution (Government) dan individu (CEO).

“Sementara, kelompok kategori khusus diberikan kepada perusahaan, institusi, dan individu yang menunjukkan prestasi, inovasi/terobosan, serta perbaikan dan pengembangan yang signifikan secara internal dalam proses, layanan, dan kapabilitas dan berdampak terhadap peningkatan kinerja logistik yang unggul,” pungkas dia.

Registrasi ILA dibuka sampai dengan 31 Agustus 2024 dan penganugerahan akan diselenggarakan di Hotel Harris Kelapa Gading Jakarta pada 10 Oktober 2024. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA