Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kabinet Jokowi Rapat di IKN, IHSG-Rupiah Bergerak Malas

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-5'>ADE MULYANA</a>
OLEH: ADE MULYANA
  • Selasa, 13 Agustus 2024, 06:29 WIB
Kabinet Jokowi Rapat di IKN, IHSG-Rupiah Bergerak Malas
Jokowi beserta kabinetnya saat di IKN (Setkab.go.id)
rmol news logo Setelah menanti sekian lama akhirnya Presiden Jokowi beserta jajaran kabinetnya menghelat rapat pertama di Ibu Kota Nusantara atau IKN. Langkah Presiden Jokowi kali ini sekaligus menegaskan kemantapannya untuk memindahkan ibu Kota RI dari Jakarta. Di tengah beragam opini dan spekulasi bahwa IKN berpotensi mangkrak di masa depan, pemerintahan Jokowi yang sedang di ujung senja terkesan berupaya menepis.

Kegiatan Jokowi dan para menteri di IKN terlihat kontras dengan situasi di bursa saham Indonesia dalam membuka sesi perdagangan Senin 12 Agustus 2024. Sebagaimana dimuat dalam ulasan sebelumnya, gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) harus menyerah untuk berada di rentang terbatas.

Situasi ini terutama dilatari dua hal. Pertama tiadanya sentimen penting terkini baik dari regional maupun domestik, dan kedua sikap pelaku pasar yang sedang menantikan rilis data perekonomian terkini AS menyangkut inflasi. Gerak IHSG akhirnya sulit untuk mencapai rentang tajam dan terkesan bergerak malas di sepanjang sesi perdagangan. Pantauan lebih rinci menunjukkan, gerak IHSG yang membuka sesi pagi di zona kenaikan tipis namun dengan cepat beralih ke zona pelemahan sempit.

IHSG kemudian konsisten menginjak zona pelemahan tipis hingga pertengahan sesi perdagangan sore, dan mencoba beralih kembali ke zona hijau. IHSG akhirnya menutup sesi dengan menanjak  0,56 persen di 7.297,6. Pantauan lebih rinci menunjukkan, gerak sempit IHSG yang kali ini juga tercermin dalam bervariasinya gerak saham unggulan yang masuk dalam jajaran teraktif ditransaksikan.

Sejumlah saaham unggulan terlihat mampu bertahan di zona kenaikan, seperti: TLKM naik 1,41 persen di Rp 2.870, ADRO naik 1,88 persen di Rp3.240, UNTR naik 2,02 persen di Rp25.200, BBRI naik 0,21 persen di Rp4.680, BMRI naik 0,72 persen di Rp6.900, serta ISAT naik 4,65 persen di Rp10.675. Sedangkan saham unggulan lain berakhir flat seperti: ASII di Rp4.760, dan BBNI di Rp5.125.

Laporan juga memperlihatkan, Saham sektor energi yang kali ini berkontribusi positif bagi IHSG untuk menginjak zona penguatan. Indeks Saham sektor energi terlihat menutup sesi dengan melompat fantastis 3,23 persen di 2.503,6.

Gerak malas IHSG kali ini terjadi di tengah bervariasinya kenaikan ine ks di bursa saham Utama Asia. Laporan terkini menunjukkan, Indeks ASX200 (Australia) yang a menguat 0,46 persen dengan menutup sesi di 7.813,7. Sedangkan indeks KOSPI (Korea Selatan) melonjak tajam 1,15 persen di 2.618,3. Gerak Lompat indeks KOSPI kali ini diwarnai dengan sebuah sentimen domestik yaitu pihak kementerian industri negeri ginseng itu yang merilis data terkait lonjakan ekspor produk Chip ke Taiwan yang mencapai 225,7 persen.

Secara keseluruhan, sikap pelaku pasar masih menantikan rilis data inflasi AS yang akan dilakukan Rabu depan dan data penjualan ritel pada Kamis. Sikap menunggu tersebut akhirnya menghantarkan gerak indeks yang cenderung malas, dan hal yang sama juga mendera IHSG di Jakarta.

Pola sedikit berbeda terpantau di pasar uang, dengan gerak nilai tukar Rupiah terlihat konsisten menapak zona pelemahan di sepanjang sesi hari ini. Gerak melemah Rupiah kali ini, terlebih dalam rentang moderat, masih sangat wajar dalam tinjauan teknikal, usai melonjak spektakuler pekan lalu.

Hingga ulasan ini disunting, Rupiah tercatat diperdagangkan di kisaran Rp15.950 per Dolar AS atau melemah 0,19 persen. Sementara di pasar uang Asia, nilai tukar mata uang Asia terpantau cenderung melemah dalam rentang bervariasi. Mata uang a Ringgit Malaysia tercatat sebagai mata uang yang melemah paling tajam hingga sore ini. Selebihnya mata uang Asia hanya merosot dalam taraf moderat.

Pola gerak di pasar Asia terlihat berbeda dengan pasar uang global, di mana mata uang utama Dunia justru kompak mencoba menguat dalam kisaran yang bervariasi. Dolar Australia tercatat mengalami penguatan paling signifikan hingga sesi perdagangan sore di Asia.rmol news logo article
EDITOR: ADE MULYANA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA