Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menara Pemancar di IKN Pakai Konsep Kamuflase, Ini Penjelasan MTEL

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 Agustus 2024, 10:24 WIB
Menara Pemancar di IKN Pakai Konsep Kamuflase, Ini Penjelasan MTEL
Miratel/Foto. Situs Miratel
rmol news logo Emiten telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel (MTEL) turut berekspansi ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. 

Sebanyak 19 Base Transceiver Station (BTS) kamuflase telah tersebar di 19 titik lokasi di IKN. 

Manajemen MTEL menyatakan, menara pemancar sinyal tersebut dibangun menggunakan konsep kamuflase mengikuti arahan dari Otorita IKN. Hal ini agar sesuai dengan tema pembangunan IKN.

"IKN ini sejak desain awal, titik Istana dan seluruh fasilitas yang ada di sekitarnya, itu sudah dimandatkan pada OIKN untuk membuat desain-desain infrastruktur yang senada. Mau enggak mau kami nurut. Misalnya, tema hutan ya kami harus kamuflasekan tower-tower itu tema kehutanan," terang Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko atau yang disapa Teddy itu dalam media gathering di Labuan Bajo, NTT, dikutip Sabtu (10/8). 

MTEL sempat mengajukan desain menara BTS menyerupai bentuk pohon kepada Otorita IKN. Namun, ide tersebut dianggap tidak sesuai. 

Untuk belanja modal (capital expenditure/capex) pembangunan BTS kamuflase di IKN, Teddy tidak mengungkapkan besarannya. Ia hanya mengatakan sudah diperhitungkan sebaik-baiknya.

Saat ini, sudah ada beberapa operator seluler yang menyewa BTS di IKN milik Mitratel tersebut dalam jangka beberapa tahun ke depan.

"Kalau ditanya kok berani sekali berinvestasi? Karena sudah pasti. Karena di dalam tower-nya ini sudah ada penyewanya dan penyewanya juga sudah berkontrak selama sekian tahun. Artinya, hitungan bisnisnya saya pastikan tidak ngawur," jelas Teddy.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi telah mengungkapkan bahwa 19 BTS hadir di IKN Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan menggunakan konsep kamuflase.

"Jadi bukan kayak BTS biasa, jadi BTS-nya dibuat indah, jadi pokoknya enggak ketahuan itu BTS," kata Budi di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, pada Kamis (1/8). 

Sejumlah BTS tersebut, diakui Budi, sudah beroperasi dan melayani para pekerja yang mulai bertugas dan berkantor di sana. Termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga mulai bertugas di IKN. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA