Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Delta Dunia (DOID) Akuisisi Perusahaan Tambang Tembaga Australia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 09 Agustus 2024, 12:04 WIB
Delta Dunia (DOID) Akuisisi Perusahaan Tambang Tembaga Australia
Ilustrasi/Foto.Dok. Delta Dunia
rmol news logo Emiten Jasa Pertambangan Batu Bara, PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) melalui anak usahanya yaitu PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), melakukan pembelian saham 29Metals Ltd, perusahaan tambang tembaga yang berbasis di Australia.

Manajemen DOID dalam keterangan yang dikutip Jumat (9/8) mengatakan, pembelian tersebut dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2024 dan dieksekusi oleh anak usaha BUMA, yakni BUMA Australian Pty. Ltd. (BUMA AU) dan Bukit Makmur Mandiri Utama Pte. Ltd. (BUMA SG) di Bursa Efek Australia (ASX).

"BUMA melalui melalui kedua entitas anaknya yaitu BUMA Australia Pty. Ltd. (BUMA AU) dan Bukit Makmur Mandiri Utama Pte. Ltd. (BUMA SG) telah melakukan pembelian saham 29Metals secara bertahap dengan total sebanyak 35.605.128 saham di Bursa Efek Australia (ASX) setara dengan 5,07 persen dari total saham yang diterbitkan oleh 29Metals," papar Direktur Delta Dunia Makmur Iwan Fuad Salim, dalam keterbukaan informasi.

Adapun rincian Transaksi Saham adalah BUMA AU sebesar 7.983.915 lembar saham setara dengan 1,14 persen, sedangkan BUMA SG sebesar 27.621.213 lembar saham setara dengan 3,94 persen.

29Metals merupakan perusahaan pertambangan yang terdaftar di ASX, yang memproduksi tembaga dan logam mulia lainnya, yang berkantor pusat di Melbourne, Australia. 

Dua aset produksi jangka panjangnya yang terkemuka adalah Golden Grove dan Capricorn Copper.

Golden Grove berlokasi di Australia Barat dan menghasilkan tembaga, seng, emas, dan perak. Sedangkan Capricorn Copper berlokasi di Queensland yang menghasilkan tembaga dan perak. 

29Metals juga memegang portofolio proyek eksplorasi di Redhill, Chili, negara penghasil tembaga terbesar di dunia.

"Transaksi Saham ini merupakan bukti komitmen upaya Perseroan untuk melanjutkan diversifikasi atas produknya dan mempercepat strategi Perseroan secara grup menuju transisi energi global," jelas Iwan.

Iwan menambahkan pembelian saham 29Metals ini tidak berdampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha DOID. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA