Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenhub Siapkan Kapal Pinisi untuk Wisata ke IKN, Ini Rutenya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 24 Juni 2024, 08:41 WIB
Kemenhub Siapkan Kapal Pinisi untuk Wisata ke IKN, Ini Rutenya
Ilustrasi/Net
rmol news logo Rencana pelayaran kapal Pinisi untuk wisata menuju Ibu kota Nusantara (IKN) disambut baik oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Menurutnya, hal itu sangat penting untuk memperkenalkan IKN kepada masyarakat luas.

"Terlebih lagi potensi wisata di perairan Balikpapan sangat menarik untuk dinikmati," kata Menhub saat kunjungan kerja ke Balikpapan, dikutip Senin (24/6).

Menhub juga meninjau Pelabuhan Punggur, Pelabuhan ITCI, dan Pusat Suaka Orangutan yang rencananya akan menjadi rute pelayaran kapal pinisi untuk kepentingan wisata di wilayah Balikpapan, khususnya untuk menuju kawasan IKN.

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menetapkan dua rute layanan kapal pinisi yakni dari Pelabuhan Semayang-Jembatan Pulau Balang (passing)-Dermaga PT ITCI KU (memutar)-Pelabuhan Semayang. Kemudian, mereka juga membuat rute lain yakni Dermaga PT ITCI KU–Jembatan Pulau Balang (passing) – Pelabuhan Semayang (memutar)–Dermaga PT ITCI KU.

Total waktu pelayaran diperkirakan 3 jam 30 menit.

“Selama perjalanan para wisatawan dapat menikmati beragam pengalaman menarik. Mulai dari wisata kuliner, mengunjungi gedung serbaguna dan jembatan Pulau Balang yang estetik, hutan bakau hingga penangkaran orangutan,” ujar Budi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA