Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang HUT RI, Kemenhub Bakal Tambah Penerbangan ke IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 17 Juni 2024, 15:16 WIB
Jelang HUT RI, Kemenhub Bakal Tambah Penerbangan ke IKN
Desain Ibukota Negara (IKN) Nusantara/Net
rmol news logo Jelang upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan penerbangan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal ditambah.

Budi mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai untuk menambah jumlah penerbangan ke IKN pada Agustus mendatang.

"Pasti, jadi kita memang sudah mengkoordinasikan dengan beberapa pihak yang ada di Indonesia apakah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group, AirAsia untuk melakukan penambahan (penerbangan)," kata Budi di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (16/6).

Menurut Budi, penambahan penerbangan ke IKN itu penting dilakukan, karena kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI cukup masif digelar di IKN.

"Terutama berkaitan dengan kegiatan sejak 1 Agustus di mana kegiatan di IKN relatif masif," jelasnya.

Budi juga menargetkan Bandara Nusantara Airport bakal dapat digunakan untuk menerima tamu-tamu VIP dan negara pada upacara peringatan HUT RI Agustus mendatang.

"Memang perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus yang menjadi leading sector-nya adalah Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres). Kami ditugaskan secara khusus untuk persiapan bandara IKN yang sekarang namanya sudah ditetapkan menjadi Nusantara Airport," jelas dia.

Ia mengatakan Kemenhub bertugas merampungkan Nusantara Airport pada Agustus nanti, sehingga para tamu VIP dan negara yang datang ke IKN menggunakan pesawat dapat langsung mendarat di bandara tersebut, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit ke Kawasan Inti Pusat IKN.

"Kita akan menggunakan bandara tersebut, bapak Presiden RI sudah menyampaikan pula tentu selain menteri, kita akan mengundang seluruh duta besar negara-negara sahabat yang akan terbang dari Jakarta ke IKN," katanya.

Adapun saat ini pembangunan Nusantara Airport sendiri kata Budi baru sekitar 50 persen, dan ditargetkan akan rampung pada Juli mendatang.

Meski demikian, ia mengakui bahwa pembangunan bandara itu menghadapi banyak tantangan seperti curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut.

"Sejak dua hari yang lalu kita melakukan pengkondisian cuaca dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC), dan kemarin saya mendapatkan laporan sudah bagus sehingga percepatan pembangunan bisa dilakukan lebih baik," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA