Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kereta Tanpa Rel di IKN Bakal Uji Coba pada Agustus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 17 Juni 2024, 12:30 WIB
Kereta Tanpa Rel di IKN Bakal Uji Coba pada Agustus
Kereta Tanpa Rel China/Net
rmol news logo Kereta otonom tanpa rel atau autonomous rail transit (ART) yang akan beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal diuji coba pada Agustus mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa transportasi itu akan menjadi salah satu alat mobilisasi yang canggih di IKN.

"Satu lagi yang mungkin ikonik adalah ART. Ini adalah salah satu teknologi kereta api tanpa menggunakan rel, dengan marka dan magnet saja transportasi tersebut menggunakan baterai serta pada Agustus sudah mulai dilakukan uji coba," kata Budi, dikutip Senin (17/6).

Menurutnya teknologi kereta tanpa rel yang akan diuji coba di IKN tersebut berasal dari China.

"Kami sudah melakukan mediasi atau pendekatan kepada pihak-pihak yang memberikan CSR. Jadi selama enam bulan ini, CSR mereka memberikan layanan gratis dan nanti pada Januari 2025 kita lakukan suatu lelang yang sifatnya lebih permanen," ujar dia.

ART ini dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet, yang disebut dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi.

Dikatakan Budi, kehadiran ART di IKN ini telah sesuai dengan prinsip kota cerdas yang hijau dan berkelanjutan di ibu kota baru itu, sebab, transportasi ini mampu meningkatkan efisiensi serta keamanan dalam bermobilitas, hingga ramah lingkungan.

IKN diharapkan dapat menjadi pelopor kota berbasis transportasi cerdas di tanah air dan bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA