Ilmu tersebut mereka dapatkan saat melakukan kunjungan Sumber Air AQUA Mekarsari pada pekan lalu.
Manager Sustainability Head Office Danone Indonesia, Ambri Rahayu, dalam keterangannya yang dikutip Jumat (14/6) menjelaskan bahwa program sustainability Aqua fokus pada dua hal, yaitu menjalankan program yang mendukung untuk mengelola dampak dari operasional perusahaan, serta program yang berkontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan dan ekonomi bagi lingkungan di sekitar operasional perusahaan.
"Dengan komitmen yang tinggi dari menjaga sustainability ini Aqua menjadi satu-satunya perusahaan AMDK di Indonesia yang mendapat sertifikat B Corp, dan mendapat rekognisi Proper Emas dari pemerintah," kata Ambri Rahayu.
Dalam kesempatan itu, para mahasiswa ini melihat langsung program konservasi air di Kampung Sadar Lingkungan dan Ramah Air (Salira) di Desa Giri Jaya, Sukabumi. Program ini merupakan implementasi tanggung jawab langsung perusahaan dalam menjaga kelestarian Sumber Daya Air.
Mereka juga berkesempatan melihat langsung sumber air Aqua Mekarsari di Kampung Kubang Desa Babakan Pari. Para mahasiswa ini juga mengunjungi gerai UMKM SAGALA yang merupakan usaha binaan Aqua Mekarsari.
Para mahasiswa juga diberi kesempatan untuk bertanya dan menggali informasi lebih jauh kepada para penerima manfaat beragam program CSR Aqua yang merupakan warga sekitar. Mereka semua pun terlihat antusias dalam menimba ilmu terkait bisnis berkelanjutan ini.
Guru Besar Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI, Profesor Bambang Shergi Laksmono, menjelaskan bahwa bisnis inti Aqua adalah air. Sehingga perusahaan akan selalu berupaya menjaga keberlangsungan sumber daya air.
Begitu juga dengan pengelolaan Extended Producer Responsibility (EPR) terkait sampah plastik pasca konsumsinya. Sedangkan masyarakat di sekitar operasional perusahaan merasakan langsung program seperti pembinaan UMKM hingga pemberian sarana air bersih.
"Tidak bisa tidak, sustainability adalah kunci untuk perusahaan agar perusahaan tetap exis," katanya.
Salah satu mahasiswa, Kyna, mengaku mendapat pelajaran berharga berkenaan dengan implementasi langsung sustainability bisnis di tengah masyarakat. Menurutnya, hal ini tidak akan dia dapatkan apabila hanya duduk dibangku kelas saja.
"Karena biasa di kampus masih sebatas teorinya saja, tapi kalau disini kita bersyukur dapat menerima pembelajaran langsung," katanya.
Tahun lalu, Danone Aqua bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Administrasi UI Universitas Indonesia (UI) menggelar “Voice of Youth Challenge 2023”, kompetisi inovasi program terkait isu keberlanjutan mengenai kesehatan dan lingkungan Kompetisi bertujuan mendorong mahasiswa menghasilkan ide kreatif dan inovatif untuk dapat mengajak dan menginspirasi masyarakat dalam dua kategori tema utama yaitu “Sadar Hidrasi” dan “Manajemen Sampah.”
Arif Mujahiddin, Communication Director Danone Indonesia mengatakan tujuan dari kompetisi ini seirama dengan komitmen keberlanjutan yang dijalankan Danone, di mana salah satunya adalah inisiatif perusahaan dalam mengangkat konsep conscious consumption melalui kampanye #PikirinDulu.
Kampanye ini merupakan upaya Danone-AQUA membangun kesadaran generasi muda untuk berpikir kritis terlebih dahulu sebelum berkonsumsi untuk mempertimbangkan dampak sebuah produk bagi kesehatan, lingkungan, dan juga masyarakat atau komunitas.
BERITA TERKAIT: