Dimensy.id
Apollo Solar Panel

World Water Forum Beri Dampak Ekonomi Bagi Bali hingga Rp1,5 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 25 Mei 2024, 07:45 WIB
World Water Forum Beri Dampak Ekonomi Bagi Bali hingga Rp1,5 Triliun
Ilustrasi/Net
rmol news logo World Water Forum ke-10 di Bali berakhir pada hari ini, Sabtu (25/5). Ajang internasional itu memberikan dampak ekonomi yang cukup besar bagi masyarakat Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memperkirakan nilai ekonomi yang diperoleh dari akomodasi, makanan, dan minuman bisa mencapai Rp1,5 triliun.

Sekitar 50.000 wisatawan datang ke Bali untuk menghadiri forum air terbesar di dunia itu. Para peserta dan delegasi World Water Forum, termasuk kalangan wartawan peliput, akan menghabiskan banyak belanja selama gelaran berlangsung. Potensi belanja semakin besar dengan wisatawan yang memperpanjang masa tinggalnya.

Sandiaga menaksir rata-rata pengeluaran para wisatawan yang menjadi delegasi forum air tersebut sekitar Rp34 juta.

"Mengingat delegasi kemungkinan tidak datang sendirian, masih ada perputaran ekonomi yang dapat dilihat tidak hanya dari spending delegasi aja," ujar Sandiaga.

Ia mengatakan bahwa pihaknya melakukan survei selama penyelenggaraan yang berlangsung 18-25 Mei 2024 kepada stakeholder, pengunjung, dan delegasi, untuk menghitung dampak ekonomi dari penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali.

Ajang ini menyita perhatian dunia. Bahkan, pencarian kata "World Water Forum" telah meningkat signifikan dengan lebih dari 1.800 pencarian di internet setiap harinya dari berbagai negara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA