Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Datangkan Investor ke Jakarta, Dubai International Chamber Targetkan Kesepakatan Dagang Rp 160 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 06 Mei 2024, 17:10 WIB
Datangkan Investor ke Jakarta, Dubai International Chamber Targetkan Kesepakatan Dagang Rp 160 Triliun
Ratusan perserta yang mengikuti forum bisnis yang digelar Dubai International Chambers di Hotel Rafless, Jakarta, Senin, 6 Mei 2024/RMOL
rmol news logo Salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers, yakni  Dubai International Chambers menggelar forum bisnis khusus di Jakarta bertemakan “Doing Business with Indonesia” di Hotel Rafless, Jakarta, Senin (6/5).

Acara tersebut diselenggarakan  bekerja sama dengan Kedutaan Besar Uni Emirat Arab di Jakarta, Kementerian Investasi Indonesia, dan Kantor Dagang Indonesia (Kadin).

Pelaku bisnis Indonesia yang tergabung dalam Kamar Dagang Indonesia (Kadin) bertemu dengan perwakilan dari 17 perusahaan dari Dubai yang beroperasi di sektor makanan dan minuman, konstruksi, perawatan kesehatan, teknologi informasi, solusi lingkungan, manajemen sumber daya manusia, parfum, dan kosmetik.

Forum bisnis tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat VIP, pemimpin bisnis, dan perusahaan-perusahaan Indonesia yang tertarik untuk menjelajahi peluang kemitraan dengan komunitas bisnis di Dubai.

Presiden dan CEO Dubai Chambers, Mohammad Ali Rashed Lootah menyampaikan komitmen pihaknya untuk memperkuat kerjasama bisnis dengan Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk membangun kerja sama antara komunitas bisnis di Indonesia dan Dubai yang menguntungkan dan mencapai tujuan bersama," kata dia.

Acara ini juga menampilkan diskusi panel yang melibatkan pembicara ahli dari sektor ekonomi kunci di Indonesia untuk berbagi informasi tentang berbisnis di dalam negeri.

Diikuti oleh serangkaian pertemuan bisnis bilateral antara perwakilan perusahaan dari Indonesia dan Dubai.

Menurut data Bea Cukai Dubai, perdagangan bilateral non-migas antara Indonesia dan Dubai mencapai 3,5 miliar dolar AS selama 2023. Jumlah tersebut mewakili pertumbuhan sebesar 7,7 persen secara tahunan.

Perdagangan non-migas Dubai dengan Indonesia telah mencapai pertumbuhan sebesar 53,6 persen selama satu dekade terakhir, meningkat dari 2,3 miliar dolar AS pada tahun 2014 menjadi 3,5 miliar dolar AS tahun lalu. Nilai perdagangan tersebut mencerminkan kekuatan hubungan perdagangan bilateral antara kedua pasar.

Peningkatan perdagangan dan investasi bilateral pasca Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia–Uni Emirat Arab (Indonesia–United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement, atau IUAE–CEPA) setahun silam.

Perjanjian perdagangan tersebut juga menghapus hambatan tarif baik barang dan jasa. Dalam lima tahun ke depan, perdagangan bilateral non-migas tahunan diproyeksikan bisa meningkat hingga mencapai 10 miliar dolar AS atau Rp 160 triliun.

Hingga akhir tahun lalu, 99 perusahaan Indonesia terdaftar sebagai anggota Dubai Chambers. Dengan bergabungnya perusahaan Indonesia, mereka mendapatkan beragam manfaat dari berbagai dukungan bisnis dan inisiatif yang disediakan oleh kamar dagang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA