Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bandara Solo Berpeluang Kembali Berstatus Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 01 Mei 2024, 15:09 WIB
Bandara Solo Berpeluang Kembali Berstatus Internasional
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno/Net
rmol news logo Status internasional pada Bandara Adi Soemarmo Solo di Jawa Tengah kemungkinan akan dikembalikan pemerintah, jika Solo menggelar event global.

Hal tersebut dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang saat ini membuka peluang terhadap bandara itu.

"Tadi saja saya baru berkoordinasi karena banyak sekali yang memberi masukan. Selama Solo memiliki event internasional," katanya, dikutip Rabu (1/5).

Ia mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tentang rencana pembukaan penerbangan internasional di bandara tersebut selama di wilayah itu ada acara berskala global.

"Solo akan terakses dari luar negeri. Tadi dengan Pak Menteri Perhubungan kita berkoordinasi selama ada event-nya Solo bisa dibuka penerbangan internasional. Begitu ada event internasional akan dibuka untuk waktu tertentu," jelas Sandiaga.

Adapun salah satu kegiatan internasional yang diusulkan adalah gelaran World Conference Creative of Economy (WCCE) 2026 di Solo.

"Solo Menari ini termasuk yang kita angkat menjadi event internasional, 2026 kita usulkan Solo menjadi house World Conference Creative Economy. Maka untuk penerbangan internasional dibuka," sambungnya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri sebelumnya telah mencabut 18 bandara internasional di Indonesia termasuk Solo, sehingga saat ini hanya ada 17 bandara internasional di Indonesia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA