Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Setuju Pembukaan Rute Kapal Baru Palu-IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 27 Maret 2024, 19:07 WIB
Jokowi Setuju Pembukaan Rute Kapal Baru Palu-IKN
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam peresmian Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah, 27 Maret 2024/Repro
rmol news logo Pengadaan rute kapal roro dari Pelabuhan Wani di Palu Sulawesi Tengah ke Kalimantan Timur, khususnya di Ibu Kota Nusantara (IKN), telah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (27/3).

Izin pengoperasian ini diberikan setelah Presiden mendengar usulan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam upaya untuk mempercepat pengangkutan material pembangunan ke IKN.

"Saya setuju itu diadakan karena banyak bahan untuk pembangunan utamanya batu-batuan, pasir, berasal dari Sulawesi Tengah," kata Jokowi dalam peresmian Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menjelaskan bahwa hampir seluruh material untuk pembangunan IKN dikirim dari Sulawesi Tengah yang nilainya sangat besar, mencapai triliunan rupiah.

Untuk itu, guna mendukung percepatan pembangunan IKN, yang telah menjadi fokus utama pemerintah, Jokowi merestui pembukaan rute kapal dari Palu ke IKN.

Selain memberikan izin untuk pengoperasian rute baru, Jokowi juga meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi dua pelabuhan di Teluk Pulau Sulawesi Tengah, yaitu Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan, yang sempat mengalami kerusakan parah akibat gempa dan tsunami pada tahun 2018 lalu.

Proyek rehabilitasi dan rekonstruksi tersebut didanai oleh Asian Development Bank (ADB) sebesar Rp233 miliar. Jokowi dalam peresmian itu menekankan pentingnya peningkatan fasilitas pelabuhan domestik agar dapat bersaing dengan negara-negara lain dalam hal pelayanan dan kualitas.

"Pelabuhan merupakan kunci utama dalam perkembangan ekonomi Indonesia karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan laut. Oleh karena itu, pelayanan pelabuhan harus terus ditingkatkan mengingat persaingan ekonomi yang semakin ketat," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA