Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temui Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Bahas Transportasi IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 14 Maret 2024, 09:37 WIB
Temui Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Bahas Transportasi IKN
Menteri Perhubungan, Budi Karya saat menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kemenkeu RI, 13 Maret 2024/Instagram @smindrawati
rmol news logo Rancangan moda transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah dibahas oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Hari ini saya kedatangan teman baik saya (Budi Karya) di Kantor Kemenkeu. Kami membahas rancangan moda transportasi di IKN yang saat ini terus diakselerasi pembangunannya," kata Sri Mulyani lewat akun Instagram pribadinya, Rabu (13/3).

Budi sendiri sebelumnya mengatakan bahwa moda transportasi darat, laut, hingga udara di IKN, akan berbasis listrik demi mendorong ibu kota baru itu menjadi ramah lingkungan.

"Dalam membangun konektivitas dan aksesibilitas IKN, transportasi publik yang ramah lingkungan menjadi pilihan utama," ujarnya.

Namun, karena terbatasnya ruang fiskal pendanaan oleh APBN, pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak swasta/badan usaha dan masyarakat, untuk ikut berperan dalam membangun sektor transportasi IKN melalui skema Pembiayaan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Adapun sistem transportasi yang akan dikembangkan di IKN untuk transportasi udara nantinya akan dibangun bandara yang mengusung konsep Aerotropolis yang cerdas, terintegrasi, dan memperhatikan etika lingkungan.

Sementara di sektor laut, pemerintah ingin mengembangkan penggunaan kapal autonomous untuk kapal penumpang maupun barang, konsep smart port dan traffic separation scheme (TSS).

Selanjutnya, di sektor transportasi darat akan dikembangkan fasilitas pejalan kaki, sepeda, kendaraan listrik berbasis baterai, dan kendaraan autonomous untuk angkutan bus. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA