Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Asia Sejahtera Mina Bakal Ekspor Produk SRC dari Rumput Laut Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 11 Maret 2024, 10:16 WIB
Asia Sejahtera Mina Bakal Ekspor Produk SRC dari Rumput Laut Tahun Ini
Rumput laut/Net
rmol news logo Emiten rumput laut, PT Asia Sejahtera Mina (AGAR) siap mengekspor Semi Refine Carragenan (SRC) pada tahun ini sebagai upaya mendukung program hilirisasi yang menjadi target pemerintah

Direktur Utama AGAR, Indra Widyadharma, mengatakan bahwa sejak 2022 Perseroan berhasil mengakuisisi PT Giwang Citra Laut (GCL) yang berada di Takalar, Sulawesi Selatan. Nantinya perusahaan tersebut yang akan mengolah dan memproduksi SRC.

"Akuisisi PT GCL yang berlokasi di Kabupaten Takalar sangat menguntungkan bagi kami. Karena Kabupaten Takalar merupakan salah satu sentra budidaya rumput laut di Sulawesi Selatan. Sehingga PT GCL dapat menyerap langsung produksi petani rumput laut di Takalar dan sekitarnya,” jelas Indra yang dikutip Senin (11/3).

Saat ini, Perseroan tengah melakukan pendalaman dan perencanaan lebih lanjut dalam rangka memproduksi produk tersebut.  Indra memastikan proses ekspor akan segera dilakukan setelah SRC yang diproduksi telah dipastikan memiliki mutu tinggi.

“Kami harap produk SRC dapat dipasarkan ke negara-negara tujuan ekspor paling cepat pada triwulan II 2024. Tentunya kami perlu memastikan agar SRC yang kami produksi memiliki standar kualitas yang tinggi,” terang Indra.

SRC merupakan produk olahan atau ekstraksi rumput laut yang berbentuk tepung dimana sangat berguna pada industri pangan antara lain sebagai pengental, pembentuk gel, hingga sebagai stabilisator makanan dan minuman.

SRC juga sangat bermanfaat dalam bidang farmasi yaitu sebagai bahan pembungkus pil/tablet dan bahan kosmetik. SRC juga dapat dimanfaatkan pada industri tekstil maupun percetakan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA