Dimensy.id
Apollo Solar Panel

70 Pengurus Lembaga Pelatihan Industri Daerah Dikukuhkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Kamis, 07 Maret 2024, 13:55 WIB
70 Pengurus Lembaga Pelatihan Industri Daerah Dikukuhkan
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam sebuah kunjungan kerja/Ist
rmol news logo Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri Daerah (FKLPID) Jawa Barat 2024–2027 dikukuhkan Menaker Ida fauziyah. Pengurus inti yang dilantik berjumlah 70 Human Resource Development (HRD), dengan anggota lebih dari 300 HRD perusahaan di Jawa Barat.

"Saya berharap forum ini dapat mengawal percepatan pembentukan Tim Koordinasi Vokasi Daerah (TKDV), khususnya di wilayah binaan BBPVP Bandung, sebagai implementasi Perpres 68/2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi," kata Ida, di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung, Selasa (5/2).

Menteri sangat mengapresiasi inisiasi BBPVP Bandung melakukan restrukturisasi kepengurusan forum FKLPID sebagai salah satu upaya mendekatkan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Penyelarasan kebijakan desain program pelatihan diharapkan meningkatkan tingkat kebekerjaan lulusan pelatihan di DUDI. “Kami ingin BLK yang dikelola Pemda mampu melaksanakan fungsi link and match dan mampu memenuhi kebutuhan industri,” katanya.

Kepada pengurus yang baru dilantik, Ida meminta meningkatkan sinergitas antar stakeholders, mengharmonisasikan kebijakan serta menyelaraskan dengan local wisdom, sehingga masyarakat diberdayakan dan mencegah migrasi, serta pemerataan tenaga kerja daerah.

"Sinergitas ini diharapkan membantu terwujudnya keserasian hubungan antar susunan pemerintahan pusat dan daerah, serta tercapainya efisiensi dan efektifitas pemerintahan bidang ketenagakerjaan," tutur Ida Fauziyah.

Sementara itu Plt Dirjen Binalavotas Kemnaker, Anwar Sanusi, mengingatkan pentingnya FKLPID untuk menciptakan komunikasi yang tepat antara DUDI dengan lembaga pelatihan. Sehingga missmatching vertikal (50 persen) maupun horizontal (60 persen) yang dihadapi dapat dikurangi.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA