Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasar Keuangan Menunggu Bank Sentral Eropa Turunkan Suku Bunga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 07 Maret 2024, 10:56 WIB
Pasar Keuangan Menunggu Bank Sentral Eropa Turunkan Suku Bunga
Bank Sentral Eropa/Net
RMOL.  Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) akan melakukan pertemuan dalam minggu ini.

Pertemuan diadakan di tengah penurunan inflasi, di mana hanya sedikit pemulihan aktivitas ekonomi, dan pergerakan suku bunga yang kemungkinan akan menurun.

Beberapa bulan yang lalu, pasar yakin bahwa pertemuan Maret akan menjadi pertemuan yang tepat.

Pengamat Natixis ECB Dirk Schumacher, dalam catatan penelitiannya yang dikutip dari CNBC International, Kamis (7/3), mengatakan kemungkinan pertemuan tersebut akan berisi agenda mengenai waktu penurunan suku bunga.

"Proyeksi staf yang diperbarui kemungkinan menunjukkan revisi inflasi yang lebih rendah untuk tahun ini, memperkuat sinyal bahwa ECB semakin mendekati penurunan suku bunga," ungkapnya.

Pembacaan harga konsumen baru-baru ini menunjukkan perlambatan inflasi umum menjadi 2,6 persen pada Februari, namun harga jasa masih naik sebesar 3,9 persen pada bulan tersebut.

Selain itu, masih terdapat tekanan harga lainnya, seperti aksi mogok kerja yang sedang berlangsung di Jerman terkait upah.

Mark Wall dari Deutsche Bank dalam sebuah catatan penelitian mengatakan, ada kejutan di sektor jasa, yang akan ditafsirkan oleh ECB sebagai lebih bersifat domestik dan oleh karena itu lebih berhati-hati terhadap kebijakan moneter.

"Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa laju inflasi jangka pendek telah mereda. Jika ada, itu mungkin sedikit lebih kuat," katanya.

Dengan perekonomian di kawasan euro yang secara agregat lebih tangguh dibandingkan perkiraan pada akhir tahun lalu, tekanan bagi ECB untuk segera menurunkan suku bunga menjadi lebih kecil.

PMI (indeks manajer pembelian) baru-baru ini bahkan menunjukkan peningkatan sentimen ekonomi dengan komponen jasa bahkan kembali di atas 50, yang menandakan adanya ekspansi pada sektor tersebut — bukan kontraksi.

Itu sebabnya ekspektasi pasar bergeser ke bulan Juni untuk penurunan suku bunga pertama.

Kepala Ekonom Berenberg Holger Schmieding dalam sebuah catatan penelitian mengatakan, ECB kemungkinan akan mengambil pendekatan hati-hati, karena mereka tidak ingin membatalkan kemajuannya dalam memerangi inflasi menuju target.

“Oleh karena itu, kami memperkirakan ECB akan menunggu hingga bulan Juni untuk penurunan suku bunga pertama," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA