Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komitmen bank bjb Mendukung Pencapaian Net Zero Emission di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 05 Maret 2024, 09:13 WIB
Komitmen bank bjb Mendukung Pencapaian <i>Net Zero Emission</i> di Indonesia
Acara Indonesia Banking Road to Net Zero yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Senin (4/3)/Ist
rmol news logo Prinsip-prinsip environmental, social and governance (ESG) selalu diperhatikan bank bjb dalam menerapkan praktik bisnis keberlanjutan dan penerapan net zero emission (NZE).

Dalam penerapannya, ada tiga pilar penting yang selalu dijaga bank bjb, yaitu profit, people dan planet untuk generasi yang akan datang.

"bank bjb berkomitmen untuk mendorong dekarbonisasi dan mendukung tercapainya net zero emission Indonesia," kata Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi dalam acara Indonesia Banking Road to Net Zero yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (4/3).

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar; Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Dewan KomisionerOJK, Dian Ediana Rae; Deputi Komisioner Pengawas Konglomerasi Keuangan OJK, Teguh Supangkat; Komut Independen bank bjb, Farid Rahman; Direktur Komersial & UMKM bank bjb, Nancy Adistyasari, serta sejumlah bankir kenamaan lainnya.

Adapun bank bjb merupakan satu-satunya BPD yang diundang dari total 7 bank perwakilan industri perbankan dalam pencapaian target NZE Indonesia. bank bjb dinilai OJK sebagai perusahaan yang memiliki komitmen nyata dalam mendukung pencapaian NZE dengan pertimbangan telah memenuhi penilaian maturitas berkelanjutan.

Yuddy menegaskan, bank bjb telah mengimplementasikan keuangan berkelanjutan melalui pengelolaan lingkungan operasional yang rendah karbon emisi, pengembangan produk jasa keuangan berkelanjutan dan pengelolaan tanggung jawab sosial lingkungan.

Berkat penerapan bisnis dengan prinsip mendukung implementasi NZE, bank bjb telah berhasil mengurangi 21,9 persen emisi gas rumah kaca. Program penyerapan emisi karbon telah mengurangi emisi sebanyak 33.510 ton CO2 equivalent dalam 4 tahun terakhir.

"Kami terus meningkatkan praktik operasional dan bisnis yang rendah emisi demi mendukung tercapainya net zero emission Indonesia," tegas Yuddy.

bank bjb juga memiliki fokus mengembangkan kapasitas internal organisasi mengenai keuangan berkelanjutan, pengelolaan lingkungan internal ramah lingkungan hidup, pengelolaan tanggung jawab sosial & lingkungan, peningkatan literasi dan inklusi keuangan berkelanjutan terhadap masyarakat dan pelaku industri  dan pengembangan produk dan/atau jasa keuangan berkelanjutan.

“Secara bertahap dan terus dikembangkan, kami mendorong penggunaan energi baru dan terbarukan dalam mobilitas pegawai dengan menyediakan EV Charging Station pada jaringan kantor,” ucap Yuddy.

Selanjutnya, bank bjb juga berkomitmen mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, Penggunaan solar panel, perangkat listrik yang hemat energi, pengurangan penggunaan tinta dan kertas melalui proses kerja yang paperless, sampai dengan mendorong gaya hidup rendah emisi karbon melalui “bjb Wellness Program”.

Dengan program-program tersebut, bank bjb  telah berhasil mengurangi total emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari aktivitas operasional sebanyak 21,9 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA