Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Capai Nol Emisi Karbon 2050, Indonesia-Singapura Jalin Kerja Sama CCS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 16 Februari 2024, 10:37 WIB
Capai Nol Emisi Karbon 2050, Indonesia-Singapura Jalin Kerja Sama CCS
Ilustrasi/Net
rmol news logo Indonesia dan Singapura telah menandatangani Letter of Intent (LOI) untuk bekerja sama dalam kegiatan Carbon Capture and Storage (CCS) Cross Border atau lintas negara.

Kesepakatan ini ditandatangani oleh Wakil Sekretaris (Industri) Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura, Keith Tan, dan Deputi Bidang Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Jodi Mahardi.

Kerja sama ini juga bertujuan mencapai nol emisi karbon atau net zero emission pada 2050.

"Inisiatif ini menempatkan Indonesia sebagai pemain kunci dalam lanskap CCS Asia Tenggara dengan memperkenalkan mode kerja sama lingkungan antarnegara," kata Jodi Mahardi dalam keterangannya di Jakarta, pada Kamis (15/2).

Jodi mengatakan kerja sama dengan Singapura untuk meningkatkan komitmen Indonesia dalam memimpin tanggung jawab lingkungan di wilayah Asia Tenggara.

Kerja sama ini, kata Jodi, juga memperlihatkan pendekatan proaktif Indonesia dalam memanfaatkan teknologi inovatif untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Keith Tan mengatakan bahwa penangkapan dan penyimpanan karbon lintas negara adalah solusi yang sedang berkembang di Asia.

Selain itu, kata Keith, CCS juga mendukung transisi Singapura menuju masa depan rendah karbon.

"Singapura adalah negara pertama yang menandatangani LOI dengan Indonesia setelah peraturan presidennya yang mencantumkan CCS cross border diumumkan," ucap Keith.

Dia berharap Singapura dan Indonesia akan menjadi pelopor implementasi proyek CCS di Asia Tenggara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA