Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Tanjung Priok, Mahasiswa ITB Dalami Bisnis Kepelabuhanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Jumat, 02 Februari 2024, 05:41 WIB
Kunjungi Tanjung Priok, Mahasiswa ITB Dalami Bisnis Kepelabuhanan
Dok Foto/Ist
rmol news logo Pelindo Regional 2 Tanjung Priok dan Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) Wilayah 2 menerima kunjungan (site visit) Mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB), di Ruang Audio-visual Gedung Museum Maritim Indonesia beberapa waktu lalu.

Pada kunjungan tersebut, mereka ingin mengenal lebih jauh peran penting pelabuhan dalam mata rantai logistik di Indonesia dalam menopang perekonomian nasional.

Mereka juga ingin mengetahui lebih jauh bisnis jasa kepelabuhan lainnya terutama jasa kapal di Pelabuhan Tanjung Priok.

Dalam kesempatan ini, rombongan mahasiswa diterima langsung oleh Tim SPJM yang diwakili Deputy Manager Penunjang Operasi Wilayah 2 Wawan Pujianto serta didampingi oleh Supervisor Humas & Pelayanan Pelanggan Pelindo Regional 2 Tanjung Priok.

Dalam paparannya, Wawan Pujianto menjelaskan secara singkat fungsi kapal Tunda (tug boat) dan kapal Pandu dalam proses sandar kapal di pelabuhan Tanjung Priok berikut dengan regulasi yang digunakan ,baik peraturan nasional maupun internasional.

Para mahasiswa juga diberi kesempatan untuk dialog interaktif seputar dunia kepelabuhanan.

Selepas dialog interaktif, acara dilanjutkan dengan melakukan kunjungan lapangan (site visit) ke area dermaga dan Gedung Kepanduan untuk melihat secara langsung proses bisnis jasa kapal di Pelabuhan Tanjung Priok.

Rifqi, perwakilan mahasiswa ITB dalam akhir kunjungannya mengucapkan terima kasih kepada PT. Pelindo terutama Pelindo Regional 2 Tanjung Priok atas pengetahuan tentang kepelabuhanan yang telah diberikan kepada mereka.

“Semoga ini bisa menjadi awal bekal kami dalam mengetahui dunia kepelabuhanan terutama bisnis jasa kapal di pelabuhan,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA