Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Magang, Upaya Tepat Siapkan Tenaga Kerja Kompeten

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Kamis, 25 Januari 2024, 18:38 WIB
Magang, Upaya Tepat Siapkan Tenaga Kerja Kompeten
Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, saat berbicara pada peluncuran Onboarding Nasional Peserta JKN Apprenticeship Program, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu/Ist
rmol news logo Program pemagangan (magang) merupakan upaya paling tepat dan cepat untuk menyiapkan tenaga kerja kompeten yang sesuai kebutuhan industri.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, saat mewakili Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, sebagai pembicara pada peluncuran Onboarding Nasional Peserta JKN Apprenticeship Program, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Lewat rilis Biro Humas Kemnaker, Kamis (25/1), dia mengatakan, pemagangan juga punya arti penting dalam dunia kerja, karena mampu memberikan peluang bagi masyarakat dari segala usia, khususnya kaum muda, agar dapat memperoleh keahlian secara terus-menerus dalam konteks transformasi yang cepat.

“Melalui program pemagangan, peserta magang mendapatkan technical skills, budaya kerja, komunikasi yang baik dan efektif etika bekerja dalam tim, sehingga menambah kepercayaan diri dan siap terjun di dunia kerja,” kata Anwar Sanusi.

Lebih lanjut Anwar mengungkapkan, salah satu indikator keberhasilan program pemagangan adalah seberapa besar lulusan pemagangan diterima industri, khususnya perusahaan yang mengadakan pemagangan.

“Semakin tinggi serapan lulusan pemagangan ke dunia industri, maka program pemagangan semakin bagus,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, Onboarding Nasional Peserta JKN Apprenticeship Program, diyakini mampu memberikan kontribusi positif mendukung terciptanya SDM yang handal, unggul dan terpercaya di Indonesia.

“Penyelenggaraan program pemagangan diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan angkatan kerja yang cerdas, terampil, adaptif, kreatif dan inovatif,” katanya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA