Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lemigas Setor Penerimaan Negara Rp231 Miliar, Tertinggi selama 14 Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 08 Januari 2024, 09:24 WIB
Lemigas Setor Penerimaan Negara Rp231 Miliar, Tertinggi selama 14 Tahun
Gedung ESDM/Net
rmol news logo LEMIGAS Ditjen Migas Kementerian ESDM mencatatkan realisasi penerimaan negara sebesar Rp231 miliar sepanjang  2023.

Kinerja positif tersebut yang mencapai 54 persen di atas target yang ditetapkan sebesar Rp150 miliar, merupakan yang tertinggi sejak LEMIGAS menjadi Badan Layanan Umum (BLU) 14 tahun yang lalu.

Kepala LEMIGAS Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM, Ariana Soemanto, dalam siaran pers yang dikutip Senin (8/1) mengungkapkan kontribusi terbesar penerimaan LEMIGAS berasal dari berbagai layanan jasa di sektor hulu dan hilir migas.

Ia memaparkan, usaha jasa yang berkontribusi besar terhadap penerimaan negara antara lain studi dan lab eksplorasi-eksploitasi migas, mencakup geologi dan geofisika, reprocessing seismic, sertifikasi cadangan migas, joint study untuk penetapan blok migas, Enhanced Oil Recovery dan Carbon Capture Storage.

"Selain itu, pengujian kualitas mutu minyak mentah dan gas, termasuk BBM dan LPG yang digunakan masyarakat. Studi dan lab hilir migas juga mencakup pengujian kendaraan berbahan bakar biodiesel dan bioetanol, penanganan korosi, dan kajian lingkungan migas," jelas Ariana, di Jakarta pada Sabtu (6/1).

LEMIGAS akan terus berupaya meningkatkan kepuasan pelanggan melalui beragam inovasi. Sepanjang 2023, LEMIGAS telah membuka 12 lokasi laboratorium pengujian kualitas BBM di lapangan (on-site), agar lebih dekat ke pelanggan.

"Juga ada lab on-site lab biostratigrafi di Papua. Untuk ikut mengatasi isu polusi, LEMIGAS baru saja membuka layanan uji emisi kendaraan," tambah Ariana.

Selain itu, LEMIGAS juga mendapatkan penugasan untuk mengelola pipa transmisi gas bumi ruas Semarang-Batang (Pipa Cisem Tahap 1) dan menggandeng Pertagas sebagai operator yang dapat melakukan kegiatan usaha pengangkutan gas bumi.

Ariana mengucapkan terimakasih khususnya Pertamina group, PHE, Pertamina Patra Niaga, KPI, PGN, Pertagas, Pertamina Lubricants juga para Kontraktor Kontrak Kerja sama dan Badan Usaha Hilir Migas yang selama ini aktif melakukan kerja sama dengan LEMIGAS untuk mendukung layanan migas kepada masyarakat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA