Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TKM Expo Wujud Dukungan Kemnaker pada Pelaku UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Minggu, 24 Desember 2023, 22:33 WIB
TKM Expo Wujud Dukungan Kemnaker pada Pelaku UMKM
Menaker Ida Fauziyah pada acara TKM Expo di Mojokerto, Jawa Timur/Ist
rmol news logo Kemnaker menggelar "TKM Expo: Fantastik Festival", di GOR Gajah Mada, Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur, 22-23 Desember 2023.

Acara Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo itu merupakan ajang bagi TKM di wilayah Mojokerto, sekaligus dukungan Kemnaker terhadap para pelaku usaha yang mendapat bantuan modal TKM.

"Keberlangsungan acara hari ini merupakan wujud dukungan terhadap program TKM yang diharapkan dapat memperluas kesempatan kerja dan mengatasi jumlah pengangguran," kata Menaker Ida Fauziyah, saat sambutan TKM Expo, Sabtu malam (23/12).

Ida Fauziyah mengungkapkan, Kemnaker memberikan bantuan modal usaha kepada 11.000 TKM. Hingga Desember 2023 telah disalurkan bantuan sebanyak 10.955 TKM di seluruh Indonesia.

"Untuk wilayah Kabupaten/Kota Mojokerto, hingga 2023 terdapat kurang lebih 173 TKM yang menerima bantuan dari Kemnaker," ujarnya.

Ida juga mengatakan, digelarnya TKM Expo yang diikuti 100 stan dari berbagai wilayah di Jawa Timur, memberi sinyal kuat bagi para TKM binaan, bahwa Kemnaker masih memikirkan dan memfasilitasi mereka untuk berkembang.

"TKM Expo bagi kelompok TKM binaan merupakan kesempatan berharga, sebagai sarana promosi produk usaha; meningkatkan jejaring antar UMKM serta rangkaian kegiatan selama kegiatan Festival TKM," katanya.

Pada penutupan TKM Expo, Ida Fauziyah meluncurkan Jangkar Wirausaha Nusantara (Jawara), bertujuan membentuk sociopreneurship anggotanya. "Sociopreneurship merupakan konsep kewirausahaan yang berorientasi pada keuntungan dan dampak sosial positif," jelasnya.

Sementara Staf Khusus Menaker, Titik Masudah, mengapresiasi Kadisnaker Kabupaten Mojokerto dan seluruh pihak yang hadir di TKM EXPO. Sekecil apapun kontribusi yang diberikan, berdampak luar biasa bagi pengembangan TKM untuk menjadi wirausaha tangguh dan mengurangi angka pengangguran, serta menciptakan ekosistem kewirausahaan yang baik.

"Jangan pernah berhenti memfasilitasi peningkatan kompetensi para TKM, agar memiliki daya juang tangguh, berdaya saing dan mampu menjadi penyedia lapangan kerja secara berkelanjutan," tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA