Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Minyak Dunia Loyo Setelah Angola Putuskan Keluar dari OPEC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 22 Desember 2023, 17:03 WIB
Harga Minyak Dunia Loyo Setelah Angola Putuskan Keluar dari OPEC
Ilustrasi/Net
rmol news logo Harga minyak dunia melesu setelah Angola mengumumkan akan keluar dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Berdasarkan laporan yang dikutip Reuters, Jumat (22/12), harga minyak mentah berjangka Brent terpantau turun 31 sen, menjadi 79,39 dolar (Rp1,229 juta) per barel.

Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS dibanderol menjadi 73,89 dolar (Rp1,143 juta) per barel, atau turun sekitar 33 sen.

Melemahnya harga minyak dunia itu terjadi setelah Menteri Perminyakan Angola, Diamantino Azevedo, memutuskan keluar dari OPEC pada Kamis (21/12), karena organisasi itu dianggap tidak pernah bisa memenuhi kepentingan negaranya. Termasuk saat kelompok yang dipimpin Saudi menggalang dukungan untuk memperdalam pengurangan produksi guna mendorong harga minyak.

Pada pertemuan November, Angola sebelumnya memprotes keputusan OPEC, karena telah memotong kuota produksinya pada 2024 untuk membantu menopang harga minyak.

Kebijakan tersebut membuat Angola memutuskan akan keluar dari OPEC. Negara di Afrika Bagian Tengah itu diketahui memproduksi sekitar 1,1 juta barel per hari (bpd) dari total 28 juta barel per hari yang dihasilkan seluruh anggota OPEC. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA