Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sri Mulyani Kucurkan Anggaran Tambahan Rp9 Triliun untuk BLT El Nino

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 16 Desember 2023, 11:36 WIB
Sri Mulyani Kucurkan Anggaran Tambahan Rp9 Triliun untuk BLT El Nino
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kementerian Keuangan menggelontorkan tambahan anggaran sebesar Rp9 triliun untuk Kementerian Sosial (Kemensos) melalui APBN 2023.

Penambahan anggaran tersebut digunakan untuk mendukung bantuan sosial, seperti bansos El Nino, serta program bantuan lainnya yang saat ini tengah digencarkan oleh Presiden Joko Widodo.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, anggaran tambahan itu atas titah Jokowi untuk sejumlah kementerian, termasuk Kemensos, sebagai respons atas kondisi ekonomi saat ini.

"Untuk Kemensos tambahan anggaran cukup besar, tahun ini ditambah Rp9 triliun karena ada paket bantuan El Nino dalam bentuk BLT, bantuan langsung tunai," ucap Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTA, Jumat (15/12).

Penambahan anggaran tersebut dilaporkan setelah baru-baru ini Jokowi mencairkan BLT El Nino sebesar Rp400 ribu untuk masyarakat, di tengah melonjaknya harga pangan.

Selain untuk bansos, dikatakan Sri, tambahan anggaran itu juga akan digunakan untuk membantu program gagal ginjal akut progresif atipikal pada anak dan program rumah sejahtera terpadu.

Tidak hanya Kemensos, Kemenkeu juga akan menambahkan anggarannya kepada kementerian lain, di antaranya Kementerian PUPR, yakni sebesar Rp46,3 triliun.

Tambahan anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu perbaikan jalan rusak di daerah dan penanganan bencana alam. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA