Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Minat Wisatawan Sandiaga Uno Usulkan 20 Negara Bebas Visa Masuk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 08 Desember 2023, 13:57 WIB
Tingkatkan Minat Wisatawan Sandiaga Uno Usulkan 20 Negara Bebas Visa Masuk
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, untuk menarik wisatawan mancanegara Indonesia perlu memberikan layanan bebas visa. Ia pun mengusulkan setidaknya 20 negara mendapatkan bebas visa kunjungan ke Indonesia agar lawatan wisatawan mancanegara dapat meningkat dan memberikan efek pengganda perekonomian.

"Kemenparekraf mengajukan 20 negara dengan (jumlah) wisatawan mancanegara tertinggi, di luar negara luar bebas visa kunjungan," kata Sandi setelah rapat di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (7/12).

Sebanyak 20 negara itu yaitu Australia, China, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Belanda, Jepang, Rusia, Taiwan, Selandia Baru, Italia, dan Spanyol.

Dua negara lainnya, menurut Sandi adalah negara dari Timur Tengah. Semua negara-negara yang dimasukkan dalam bebas visa tentunya yang berkaitan dengan investasi.

Menurutnya, dengan penambahan 20 negara bebas visa kunjungan itu, maka akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang akan menambah konsumsi domestik, menarik investasi dan juga membuka lebar pengembangan ekonomi digital.

Nilai ekonomi ke negara dari sektor pariwisata ditargetkan mencapai Rp 200 triliun, dengan menyasar wisatawan mancanegara yang high spender, berkualitas dari sisi lama tinggal dan belanja di Indonesia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA