Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bazar UMKM untuk Indonesia Kantongi Transaksi Hingga Rp 28,3 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 02 Desember 2023, 11:31 WIB
Bazar UMKM untuk Indonesia Kantongi Transaksi Hingga Rp 28,3 Miliar
Wakil Direktur Utama Pelindo, Hambra, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, SEVP Fixed Assets Management & Procurement BRI, Aestika Oryza Gunarto saat melakukan konferensi pers berasma media, Jumat, 1 Desember 2023/RMOL
rmol news logo Acara Bazar UMKM untuk Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak awal tahun hingga November 2023 telah berhasil mengantongi transaksi sebanyak Rp 9,59 miliar.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, mengatakan bahwa acara bazar itu telah digelar untuk yang ke-11 kalinya dengan menghadirkan 1189 UMKM mitra binaan dari 22 BUMN.

Selain Bazar UMKM untuk Indonesia, Kementerian BUMN juga telah menyelenggarakan Pasar Digital UMKM (PaDi) yang merupakan platform online yang menjembatani transaksi UMKM dengan BUMN untuk mengoptimalkan, mempercepat, dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN.

“Berdasarkan data statistik terdapat 11 kali Bazar dan PaDi UMKM Expo yang sudah diselenggarakan Kementerian BUMN dan BUMN di Sarinah, termasuk di antaranya PaDi UMKM Expo," jelas Loto, dalam konferensi pers, Jumat (1/12).

Dikatakan Loto, PaDi sendiri juga telah berhasil membukukan transaksi yang besar di tahun ini.

"Bazar dan Pameran telah diikuti 1.786 UMKM dengan membukukan lebih dari 32 ribu transaksi yang meraih Rp28,3 Miliar transaksi dengan rincian Rp9,6 Miliar dari Bazar dan Rp18,7 Miliar dari PaDi Expo ini yang didukung dari 24 perusahaan BUMN dan diikuti UMKM dari 29 Provinsi di Indonesia,” ujar Loto.

Dengan diadakannya bazar dan PaDi UMKM, dikatakan Loto, BUMN berharap agar hal itu membantu memperluas pasar UMKM sehingga pendapatan pelaku usaha itu bisa semakin meningkat ke depannya.

Ke depannya, Kementerian BUMN juga akan memperluas penyelenggaraan bazar dan PaDi Expo di luar kota, diantaranya 6 kali di Jakarta dan 7 kali di luar kota Jakarta.

“Rencananya 6 kali Bazar dan Pameran akan diselenggarakan di Sarinah dan JCC Senayan, dan 7 kali di luar kota seperti di Bandung, Medan, Balikpapan, Bali, Makassar, Labuan Bajo, hingga Jayapura," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA