Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konsisten Pada Pembiayaan Hijau untuk Tekan Emisi Karbon, BCA Syariah Tanam 1.000 Mangrove

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 25 November 2023, 14:49 WIB
Konsisten Pada Pembiayaan Hijau untuk Tekan Emisi Karbon, BCA Syariah Tanam 1.000 Mangrove
Kerja sama BCA Syariah dan Lindungi Hutan di Semarang pada 22 November 2023 . Sertifikat diberikan atas pelaksanaan penanaman pohon mangrove yang dilakukan BCA Syariah di Tambakrejo, Semarang pada 11 Noveber 2023/Ist
rmol news logo PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) melakukan aksi untuk mengurangi emisi karbon melalui kampanye penghijauan dengan penanaman 1.000 mangrove.

Kegiatan penanaman mangrove ini sebagai bentuk aksi kepedulian terhadap penghijauan dan kelestarian alam, seperti yang diuraikan oleh Sekretaris Perusahaan BCA Syariah Nadia Amalia Sekarsari.  

"Kami berharap langkah ini dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem setempat serta memperkuat kesadaran akan pentingnya konservasi alam,” ujar Nadia di sela Rakernas BCA Syariah di Jakarta, dalam keterangannya yang dikutip Sabtu (25/11).

Kampanye penghijauan bertajuk “1.000 Pohon untuk Tambakrejo” dilakukan bekerja sama dengan Yayasan Lindungi Hutan di wilayah pesisir Tambakrejo, Semarang, pada 11 November 2023.

Tanaman mangrove dipilih karena memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian ekosistem pesisir.

Tanaman ini juga memiliki manfaat dari segi ekologi maupun ekonomi. Tanaman ini dapat menghasilkan oksigen dan menyerap emisi CO2. Setiap 1.000 tanaman Rhizophora yang ditanam dapat menyerap sekitar 512,176 Kg CO2 eq. Akarnya dapat memperkuat struktur tanah di daerah pesisir sehingga dapat mencegah penurunan muka tanah dan erosi.

"Mangrove bukan hanya menyediakan habitat dan makanan bagi berbagai spesies, tetapi juga berfungsi sebagai penghalang alami yang dapat melindungi pantai dari erosi dan bencana alam," tutur Nadia.

Kegiatan ini, kata Nadia, diharapkan dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologis dan ekonomis.

Lewat kampanye itu, BCA Syariah turut andil dalam menyerap 500 kilogram CO2 equivalent, serta meningkatkan pendapatan petani hingga Rp 808.000.

Aksi mendukung lingkungan yang dikemas dalam BCA Syariah Cinta Bumi juga telah dilaksanakan dalam bentuk lain, khususnya di kantor-kantor BCA Syariah.

Nadia memaparkan bahwa pihak menyadari tidak semua kota-kota tempat beroperasinya BCA Syariah bisa dilakukan hal yang sama, namun sesuai dengan kondisi geografis untuk penanaman pohon yang memerlukan lahan luas.

"Misalnya, di Jabodetabek, kegiatan yang kami lakukan adalah mendukung penciptaan ruang terbuka hijau maupun potisasi. Misalnya, di kantor pusat kami di Jakarta Timur, dengan area untuk menanam pohon yang terbatas. Akhirnya, dengan kelurahan setempat, kami berkolaborasi untuk memperbanyak tanaman di pot-pot untuk ditempatkan di area kantor,” kata Nadia.

Program penghijauan lain yang telah dilakukan oleh BCA Syariah adalah kegiatan Penataan Titik Unggulan (PTU) dan penghijauan trotoar di wilayah Balimester, Jakarta Timur.

BCA Syariah memiliki komitmen untuk mengimplementasikan keuangan berkelanjutan yang berarti dalam pelaksanaan kegiatannya, BCA Syariah senantiasa memperhatikan aspek Environment, Social, dan Governance (ESG). 
Selain itu, BCA juga meneruskan komitmennya pada pembiayaan berkelanjutan atau Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KUB).
Penyaluran pembiayaan KUB sampai dengan September 2023 telah mencapai Rp 2,6 triliun, mencapai 30 persen dari total penyaluran pembiayaan BCA Syariah sebesar Rp 7,8 triliun. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA