Dimensy.id
Apollo Solar Panel

77 Persen Pakar Menilai Kondisi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Keadaan Baik-baik Saja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 22 November 2023, 09:33 WIB
77 Persen Pakar Menilai Kondisi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Keadaan Baik-baik Saja
Ilustrasi/Net
rmol news logo Jumlah wisatawan diperkirakan akan bertambah di penghujung tahun ini. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bahkan optimis, jumlahnya bisa melewati angka 11 juta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan adanya tren kenaikan tersebut.

"Terlihat tren yang sangat kuat dan kita berdoa akhir tahun akan tembus kunjungan wisata 11 juta wisman," ujar Sandiaga dalam "The Weekly Briefing with Sandi Uno", di Jakarta, baru-baru ini.

Hasil “Expert Survey” dalam outlook pariwisata dan ekonomi kreatif 2023/2024 yang menyebutkan sebanyak 77 persen pakar menilai kondisi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia saat ini dalam keadaan yang baik-baik saja, bahkan dan 36 persen optimistis kondisi pariwisata di tahun 2024 akan bisa melewati angka sebelum pandemi.

"Nilai devisa pariwisata sudah mencapai angka yang sangat signifikan dari target yang sudah ditetapkan," tambahnya, dalam keterangan yang dikutip dari laman Kemenparekraf, Rabu (22/11).

Begitu juga dengan nilai tambah produk ekonomi kreatif menunjukkan angka yang sangat signifikan, kata Sandiaga.  

Pertumbuhan nilai tambah ekonomi kreatif tertinggi ada di sektor transportasi dan pergudangan, jasa lainnya, penyediaan akomodasi, serta makan dan minum. Per triwulan III tahun 2023, nilai tambah ekonomi kreatif telah mencapai Rp 1.054 triliun atau sekitar 82,13 persen dari target sebesar Rp 1.279 triliun.  

"Terlihat (target) ini akan tercapai, malah akan ada di atas target," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA