Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Pandemi, Penerbangan Domestik Pulih 85 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 13 November 2023, 12:03 WIB
Setelah Pandemi, Penerbangan Domestik Pulih 85 Persen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sektor penerbangan nasional saat ini telah mengalami pemulihan pascapandemi. Kementerian Perhubungan mencatat berdasarkan data September 2023, setidaknya 85 persen penerbangan domestik telah pulih dan 75 persen untuk penerbangan internasional.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan pemulihan ini lebih cepat dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik. Untuk itu ia sangat mendukung terjalinnya kerja sama  dalam sektor pariwisata dengan negara-negara lain terutama di ASEAN

"Konektivitas transportasi terus kami tingkatkan pascapandemi untuk mendukung tumbuhnya sektor pariwisata yang sama-sama terdampak," ujar Menhub Budi, dalam keterangannya yang dikutip dari laman Kementerian Perhubungan, Senin (13/10).

Ia menyampaikan hal tersebut pada pertemuan para pemimpin dan pejabat senior di sektor transportasi se-ASEAN yang berlangsung di Laos baru-baru ini.

Kolaborasi kedua sektor ini diperlukan untuk saling mendukung satu sama lain dalam upaya pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

"Konektivitas transportasi terus kami tingkatkan pascapandemi untuk mendukung tumbuhnya sektor pariwisata yang sama-sama terdampak," ujar Menhub dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia pun menyambut baik dan mengapresiasi Sekretariat ASEAN yang telah berinisiatif menyelenggarakan pertemuan antara para pemimpin di sektor transportasi dan pariwisata di ASEAN.

Ia juga tak menampik masih ada tantangan yang perlu diatasi terkait kenaikan harga avtur, terbatasnya ketersediaan suku cadang, dan berkurangnya jumlah armada pesawat, di tengah mulai meningkatnya penumpang pesawat dan ekspektasi masyarakat terhadap tarif tiket pesawat yang terjangkau. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA