Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Resmikan PLTS Terapung Terbesar di ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 09 November 2023, 14:19 WIB
Jokowi Resmikan PLTS Terapung Terbesar di ASEAN
Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan PLTS Terapung Cirata pada Kamis, 9 November 2023/Sekretariat Presiden
rmol news logo Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung atau Floating Solar PV Cirata yang terbesar di Asia Tenggara (ASEAN) telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (9/11).

Pembukaan PLTS Terapung berkapasitas 192 megawatt peak (MWp) disebut Jokowi sebagai hari bersejarah bagi Indonesia, karena telah membangun pembangkit energi baru terbarukan (EBT) dalam skala besar.

"Kita berhasil membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung yang terbesar di Asia Tenggara dan nomor 3 di Dunia," ujar Jokowi dalam peresmian, Kamis (9/11).

PLTS Terapung Cirata dibangun di atas Waduk Cirata yang berlokasi di tiga Kabupaten Jawa Barat, yaitu Purwakarta, Cianjur, dan Bandung Barat, dengan luas 200 hektare.

Menurut Jokowi, jika PLTS Terapung Cirata terus dikembangkan maka pembangkit listrik itu dapat dimaksimalkan hingga kurang lebih berkapasitas 1000 MWp.

"Jadi nanti tenaga airnya bisa untuk energi hijau. Juga saya gembira dan bangga PLTS Terapung Cirata ini selesai, ini hasil kerja sama Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, PLN dan Masdar dari UEA," sambung Jokowi.

Pembangunan PLTS Terapung Cirata ini telah berjalan kurang-lebih tiga tahun, yang merupakan bentuk kolaborasi global antara PT PLN (Persero) melalui subholding PLN Nusantara Power dan perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA), Masdar.

Tarif PLTS Terapung Cirata yang sangat kompetitif ini sendiri disebut akan meningkatkan kemandirian melalui pemanfaatan energi dari sumber daya alam lokal, dan dapat membantu masyarakat untuk mendapat pasokan
listrik yang lebih hijau. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA