Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PLN Siap Bangun Infrastruktur Kelistrikan dari Energi Bersih di IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 04 November 2023, 14:41 WIB
PLN Siap Bangun Infrastruktur Kelistrikan dari Energi Bersih di IKN
Presiden RI, Joko Widodo saat melakukan groundbreaking PLTS di IKN pada Kamis, 2 November 2023/Net
rmol news logo PT PLN (Persero) telah menyatakan kesiapannya untuk menyediakan pasokan listrik energi bersih yang canggih untuk Ibukota Nusantara (IKN).

Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan komitmen perusahaan untuk memberikan pasokan listrik terbaik dengan mengadopsi teknologi state of the art dan membangun sistem kelistrikan IKN yang ramah lingkungan, pintar dengan basis Artificial Intelligence (AI).

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, sistem kelistrikan di IKN ini akan menjadi sistem kelistrikan yang paling mutakhir dan akan dibanggakan oleh bangsa ini. Sistem kelistrikan IKN adalah yang terbaik di dunia," kata Darmawan, saat melakukan kunjungan kerja ke IKN bersama Presiden Jokowi.

Dalam upaya mencapai tujuan ini, PLN telah memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 50 Megawatt (MW) sebagai langkah awal, dengan peletakan batu pertama secara simbolis telah diresmikan langsung oleh Jokowi pada Kamis (2/11).

"Kebutuhan listrik untuk Agustus 2024 sekitar 34 MW, dan kami membangun PLTS 50 MW. Jadi nanti saat upacara Hari Kemerdekaan ke-79 listrik di IKN sudah 100 persen green," sambung Darmawan.

Untuk jangka panjang, PLN juga sedang mempertimbangkan penggunaan potensi energi hidro yang ada di pulau Kalimantan, terutama yang berdekatan dengan IKN, untuk memproduksi listrik.

"Kami telah berdiskusi dengan Otoritas IKN, dan perkiraan kebutuhan energi di IKN akan meningkat hingga sekitar 1.000 MW pada 2030. Oleh karena itu, kami sedang melakukan pemetaan potensi energi hidro di sekitar IKN dan akan membangun infrastruktur khusus untuk mendukung kebutuhan energi IKN," tambahnya.

Selain menjamin pasokan listrik yang andal, PLN juga akan membangun sistem kelistrikan canggih yang didukung oleh teknologi digital dan AI. Semua jaringan listrik yang dibangun dikatakan Dirut PLN akan dilengkapi dengan smart meter, yang akan terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi berbasis serat optik.

"Ini akan memungkinkan IKN untuk membangun konsep rumah pintar (smart home), bangunan cerdas (smart building), dan menjadi smart city yang terintegrasi. Dengan demikian, IKN akan menjadi smart city yang paling canggih dan terbaik di dunia."

Selain aspek teknis, PLN juga berkomitmen untuk menjaga keindahan IKN. Darmawan mengungkapkan bahwa gardu induk dan seluruh infrastruktur kelistrikan, termasuk transmisi dan distribusi, akan ditempatkan di bawah tanah, mengikuti prinsip tata ruang yang rapi dan estetis.

Selama kunjungan ke IKN, Dirut PLN dan Presiden Jokowi telah mengunjungi berbagai lokasi strategis, termasuk Persemaian Mentawir, Istana Presiden, Hunian Pekerja Konstruksi, dan Kawasan Glamping IKN. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA