Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dirut bank bjb Yuddy Renaldi Terpilih sebagai Ketua Umum Asbanda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 01 September 2023, 16:01 WIB
Dirut bank bjb Yuddy Renaldi Terpilih sebagai Ketua Umum Asbanda
Direktur Utama (Dirut) bank bjb, Yuddy Renaldi terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) periode 2023-2027/Ist
rmol news logo Direktur Utama (Dirut) bank bjb, Yuddy Renaldi terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) periode 2023-2027.

Keputusan tersebut merupakan hasil Musyawarah Nasional XXII Tahun 2023 bersamaan Pengundian Undian Tabungan Nasional Simpeda Periode I XXXIV 2023 di Claro Hotel Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (31/8).

Sebelumnya, jabatan Ketum Asbanda diemban oleh mantan Dirut Bank Jateng, Supriyatno.

Dalam menjalankan amanat sebagai Ketua Asbanda, Yuddy memastikan akan mendorong BPD memperbesar transaksi ekspor ke luar negeri serta memperkuat pangsa pasar dalam negeri.

Hal itu sangat memungkinkan karena banyak potensi ekspor dari sumber daya alam di daerah yang bisa dioptimalkan sebagai sumber devisa. Seperti pertambangan, pertanian, kelapa sawit, dan lainnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memfokuskan sinergi BPD dengan membentuk Kelompok Usaha Bank (KUB) terintegrasi untuk menguatkan BPD dari sisi permodalan dan likuiditas.

KUB sudah diinisiasi bank bjb dengan Bank Bengkulu. Hal itu bisa menjadi contoh bagi BPD lain bahwa KUB sesama BPD lebih menggambarkan sifat kedaerahan masing-masing untuk dipahami, dibanding ber-KUB di luar BPD.

Dengan bersinergi, maka berbagai keunggulan BPD akan mampu dioptimalkan dan dapat mengakselerasi bisnis sekaligus memberi profit lebih optimal.

Jika dikonsolidasikan, BPD akan memiliki total aset lebih dari Rp945 triliun yang berasal dari 27 BPD di Indonesia.

"Kalau itu bergabung, sebenarnya kita berada nomor lima nasional saat ini. Ini menjadi bagian yang signifikan yang ada di perbankan Indonesia,” kata Yuddy dalam keterangannya, Jumat (1/9).

Sebagai anggota Asbanda, bank bjb turut berperan aktif dalam berpartisipasi pada kegiatan undian Simpeda setiap tahun. Undian Nasional Tabungan Simpeda menyediakan total hadiah hingga Rp6 miliar di setiap tahunnya.

Pelaksanaan undian dibagi menjadi dua periode dalam satu tahun, yang masing-masing periodenya menyiapkan hadiah sebesar Rp3 miliar.

Periode I pengumpulan poin berlangsung sepanjang 1 Januari hingga 30 Juni, yang diundi setiap bulan Agustus. Sementara periode II pengumpulan poin berlangsung sepanjang 1 Juli hingga 31 Desember, yang diundi setiap bulan Maret.

Tunggu apalagi, segera kumpulkan poin undian dari tabungan Simpeda bank bjb dan raih kesempatan untuk mendapatkan total hadiah miliaran rupiah. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA