Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng Unpad, MES dan BPKH Hadirkan Pameran Produk Halal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 08 Juni 2023, 04:02 WIB
Gandeng Unpad, MES dan BPKH Hadirkan Pameran Produk Halal
MES dan BPKH bekerja sama dengan Unpad menggelar Unpad Halal Expo/Ist
rmol news logo Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bersama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Universitas Padjajaran menggelar Unpad Halal Expo untuk memamerkan sektor industri halal tanah air.

Bertema "Exploring the Halal Lifestyle: Building the Sustainable Halal Ecosystem", pameran ini digelar di Bale Santika Universitas Padjajaran, Jatinangor pada Rabu (7/6) hingga Kamis (8/6).

Pameran ini bertujuan sebagai sarana memberikan edukasi untuk mendorong peningkatan kesadaran halal kepada masyarakat serta membangun sebuah ekosistem halal yang berkelanjutan.

Unpad Halal Expo menjadi pameran produk halal yang mencakup makanan dan minuman, keuangan, fashion, kosmetik, hingga edukasi mengenai ekonomi syariah dan industri halal.

Unpad Halal Expo juga menjadi wadah bertemunya berbagai pemangku kepentingan melalui serangkaian program meliputi seminar, talkshow, pelatihan, dan business pitching.

“Unpad Halal Expo bertujuan untuk meningkatkan literasi produk halal dengan melibatkan peran UMKM dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan terkait,” ujar Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas, Nunuy Nur Afifah.

Ketua Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah menyampaikan saat ini pihaknya terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya dengan Unpad dan MES dalam mendukung ekosistem haji di Indonesia.

“Kerja sama menjadi sangat penting, karena BPKH masih membutuhkan dukungan dari banyak pihak, terutama talent-talent yang concern terhadap aktivitas investasi khususnya di bidang investasi syariah. Oleh karena itu kerja sama ini menjadi satu titik penting,” papar Fadlul.

Sementara itu, Sekretaris Komite Investasi Pengurus Pusat MES, Indra Gunawan mengatakan penyelenggaraan Unpad Halal Expo merupakan bentuk kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari perguruan tinggi, lembaga keuangan, pelaku UMKM, serta masyarakat umum dalam mengembangkan ekosistem halal yang berkelanjutan.

“Kami yakin Jawa Barat dapat mengakselerasi pengembangan industri halal mengingat Jawa Barat menjadi provinsi dengan mayoritas penduduk muslim” ujar Indra.

UHE diawali dengan kegiatan tabligh Akbar bersama Ustadz Wijayanto, kemudian dilanjutkan dengan serangkaian Talkshow dengan tema "Peran Strategis Industri Halal untuk Perekonomian Indonesia", Halal Talk mengenai Haji, Seminar UMKM Halal, Workshop Film Halal, serta Bisnis Pitching untuk sejumlah pelaku UMKM.

Menurut Dinar Standard dalam State of the Global Islamic Economy Report, pengeluaran konsumen muslim dunia pada tahun 2024 diproyeksikan mencapai 3,2 triliun dolar AS. Catatan tersebut mendorong berbagai negara di dunia bersaing untuk mengembangkan sektor halal, tidak terkecuali Indonesia yang mengusung visi sebagai pusat industri halal dunia tahun 2024. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA