Berita

Presiden terpilih Prabowo Subianto/Net

Publika

Prabowo Sang Pemersatu Bangsa

OLEH: HARIS PERTAMA*
RABU, 16 OKTOBER 2024 | 23:26 WIB

PRABOWO Subianto, presiden RI terpilih 2024-2029, merupakan sosok yang telah lama dikenal di panggung politik Indonesia. Figur dengan sarat pengalaman, kembali menegaskan perannya sebagai tokoh pemersatu bangsa dengan sikap negarawan yang matang.

Setelah perjalanan panjang dalam karir militer dan politik, Prabowo memperlihatkan kemampuan dalam menjembatani perbedaan dan membangun harmoni di antara berbagai kelompok elit nasional.

Sikapnya yang inklusif, penuh semangat dan komitmen kuat, memiliki orientasi pada kepentingan nasional, dan kemampuan mengakomodasi berbagai pandangan, menjadikannya figur yang diharapkan mampu menyatukan berbagai elemen bangsa yang pluralis.

Pada masa transisi memasuki periode era pemerintahan baru, Prabowo menunjukkan kebesaran jiwa sebagai pemimpin dengan merangkul tokoh-tokoh dari latar belakang yang berbeda dalam gerbong kabinet pemerintahannya.

Tidak hanya melibatkan mitra politiknya, ia juga berhasil mengajak pihak-pihak yang pernah menjadi lawan politiknya untuk bekerja sama dalam kabinet.

Langkah tersebut mencerminkan kepiawaian Prabowo dalam membangun koalisi yang lebih luas dan menjaga stabilitas politik dengan menyatukan kekuatan dari berbagai faksi yang berbeda.

Meskipun baru sebagai calon menteri jajaran kabinet mendatang, sebab pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih baru dilaksanakan pada 20 Oktober 2024. Namun, wajah-wajah para calon menteri yang akan mengisi merupakan tokoh-tokoh dari berbagai latar belakang, faksi politik bahkan lawan politiknya pada masa Pilpres lalu.

Dengan komposisi kabinet yang pluralis, Prabowo memberi pesan kuat bahwa kebersamaan dan persatuan adalah kunci bagi masa depan Indonesia.

Atas perbedaan ideologi, aspirasi, dan latar belakang politik, Prabowo mampu membangun kesepahaman bahwa kepentingan bangsa jauh lebih penting daripada kepentingan kelompok apalagi golongan tertentu.

Sikap ini memperlihatkan bahwa ia tidak hanya seorang politisi, tetapi juga seorang negarawan yang matang, yang memahami betul arti pentingnya persatuan nasional.

Langkah Prabowo ini tak hanya mencerminkan ketegasan dan kebijaksanaannya sebagai pemimpin, tetapi juga komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan rakyat Indonesia.

Di tengah tantangan global dan domestik bangsa ini untuk mewujudkan sebagai negara maju, kemampuan untuk mengharmoniskan perbedaan dan menciptakan kabinet yang beragam menjadi modal penting dalam menjaga keberlanjutan pembangunan Indonesia.

Prabowo pembawa virus keteladanan

Peran Prabowo sebagai pemersatu bangsa dalam pemerintahan 2024-2029 pun diharapkan menjadi contoh teladan bagi pemimpin-pemimpin masa depan.

Indonesia sangat membutuhkan sosok negarawan yang mampu mengedepankan kepentingan bangsa di atas segala-galanya.

Di tengah kompleksitas perbedaan sosial, budaya, dan politik, peran seorang pemimpin yang berjiwa besar, yang dapat menyatukan bangsa dalam kerangka persatuan nasional, menjadi semakin krusial.

Negeri ini memerlukan figur yang tidak hanya kuat secara visi dan misi, tetapi juga mampu merangkul semua kalangan tanpa memandang latar belakang politik atau kepentingan kelompok.

Dalam konteks ini, keteladanan Prabowo Subianto sebagai seorang pemersatu diharapkan mampu menciptakan fondasi baru bagi kepemimpinan masa depan Indonesia.

Prabowo, dengan pengalamannya di militer dan politik, telah menunjukkan kapasitasnya untuk menempatkan kepentingan nasional di atas persaingan politik.

Sikapnya yang terbuka dalam merangkul berbagai pihak, termasuk mantan rival politik, menunjukkan komitmen terhadap persatuan bangsa yang kuat.

Melalui berbagai langkah yang inklusif, Prabowo mencontohkan bahwa perbedaan tidak perlu menjadi penghalang, melainkan dapat menjadi kekuatan jika dikelola dengan baik. Keteladanan inilah yang diharapkan mampu menginspirasi munculnya lebih banyak pemimpin yang memprioritaskan persatuan dan kepentingan bangsa.

Melahirkan “virus-virus” tokoh pemersatu bangsa, dalam makna positif, begitulah keteladanan Prabowo saat ini yang rakyat rasakan.

Keteladanan yang ia tunjukkan tidak hanya berhenti pada pencapaian pribadi, tetapi dapat menjadi inspirasi bagi generasi pemimpin selanjutnya.

Jika lebih banyak pemimpin mengadopsi pendekatan Prabowo yang menempatkan kebersamaan di atas perbedaan, Indonesia akan semakin kuat dalam menghadapi berbagai tantangan, baik di tingkat domestik maupun global. Dengan demikian, visi Indonesia yang adil, makmur, dan berdaulat dapat semakin mendekati kenyataan, Aamiin.

Di tengah dinamika politik yang sering kali terpecah oleh perbedaan kepentingan, sosok-sosok pemersatu seperti Prabowo sangat penting untuk memastikan bahwa pembangunan Indonesia tidak terganggu oleh konflik internal.

Dengan keteladanan yang konsisten, Prabowo tidak hanya menciptakan harapan bagi pemerintahan yang kuat, tetapi juga memberi teladan bahwa persatuan adalah modal dasar bagi kemajuan bangsa.

Semakin banyak pemimpin yang mengikuti jejak keteladanan Prabowo, semakin besar pula harapan bagi tercapainya Indonesia yang adil, makmur, dan berdaulat di masa depan. Selamat bekerja Jenderal pemersatu bangsa, kami yakin Indonesia akan maju di tanganmu. Aamiin.

*Penulis adalah Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)

Populer

Aduan Kebohongan sebagai Gugatan Perdata

Selasa, 08 Oktober 2024 | 10:03

Lolos OTT, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Gugat Praperadilan Lawan KPK

Jumat, 11 Oktober 2024 | 17:23

PDIP Bisa Dapat 3 Menteri tapi Terhalang Chemistry Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:53

Pernah Bertugas di KPK, Kapolres Boyolali Jebolan Akpol 2003

Senin, 07 Oktober 2024 | 04:21

Prabowo Sudah Kalkulasi Chemistry PDIP dengan Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 | 02:35

Bakamla Jangan Lagi Gunakan Identitas Coast Guard

Rabu, 09 Oktober 2024 | 06:46

CEO Coinbase Umumkan Pernikahan, Netizen Seret Nama Raline Shah yang Pernah jadi Istrinya

Kamis, 10 Oktober 2024 | 09:37

UPDATE

Genjot Daya Saing, DPRD Kota Bogor Sahkan Perda Tentang Ini

Kamis, 17 Oktober 2024 | 00:08

Komnas Perempuan Desak PDIP Pecat Kader yang Terlibat KDRT

Rabu, 16 Oktober 2024 | 23:59

KPK Sita 15 Unit Tanah dan Bangunan Milik Bos PT Jembatan Nusantara Grup

Rabu, 16 Oktober 2024 | 23:45

Prabowo Sang Pemersatu Bangsa

Rabu, 16 Oktober 2024 | 23:26

Program Mitra Tani Bulog Serap Panen Petani di Banyuwangi

Rabu, 16 Oktober 2024 | 23:22

Prabowo Belum Bocorkan Penempatan Menteri-menteri

Rabu, 16 Oktober 2024 | 23:21

Kukuhkan Pataka Daksha Prasastya, Simbol Komitmen SSDM Polri Cetak SDM Unggul

Rabu, 16 Oktober 2024 | 23:08

Pimpinan KKB Jemmy Magai Ditangkap, Ratusan Amunisi Berhasil Disita

Rabu, 16 Oktober 2024 | 22:51

DPRD Kota Bogor Bentuk Pansus Bahas Dua Raperda Baru

Rabu, 16 Oktober 2024 | 22:47

Hubungan Jokowi dan Prabowo Semakin Akrab Jelang Pelantikan

Rabu, 16 Oktober 2024 | 22:39

Selengkapnya