Berita

Ilustrasi/Net

Bisnis

Studi: Produk FMCG Masih jadi Prioritas, Merek-merek Ini yang Paling Laris

SABTU, 29 JUNI 2024 | 10:57 WIB | LAPORAN: RENI ERINA

Belanja rumah tangga masyarakat Indonesia per kuartal I 2024 tumbuh 9 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Hasil studi Kantar Indonesia Divisi Worldpanel, perusahaan riset konsumen dan analisis data, menunjukkan angka tersebut hampir dua kali lipat dari pertumbuhan PDB, di mana total spending secara rata-rata meningkat menjadi Rp 6,1 juta dibandingkan dengan Rp 5,6 juta di kuartal pertama tahun 2023.

Managing Director of Kantar Indonesia, Worldpanel Division, Venu Madhav, mengatakan kebiasaan berbelanja yang baru ini mempengaruhi konsumen dalam hal memilih brand yang dibeli.

Lebih lanjut Venu Madhav menyampaikan bahwa Kantar Indonesia Divisi Worldpanel baru saja merilis laporan terbaru Brand Footprint Indonesia 2024. Brand Footprint adalah studi tahunan yang dilakukan oleh Kantar untuk mengukur merek yang paling dipilih oleh konsumen.

Laporan ini mencakup lebih dari 550 merek di lima sektor fast moving consumer good (FMCG), yaitu Makanan, Minuman, Produk Susu, Perawatan Rumah, dan Perawatan Tubuh.

Brand Footprint Indonesia tahun ini mencakup 97 persen rumah tangga di berbagai kota besar dan kecil di seluruh wilayah urban dan rural Indonesia, dari keseluruhan populasi rumah tangga sebanyak 70 juta.

Beberapa fakta menarik dari studi Brand Footprint pada tahun ini, yakni: produk FMCG masih menjadi prioritas dalam perbelanjaan masyarakat Indonesia dari semua kalangan ekonomi dan demografi. Hal ini merupakan peluang bagi para pelaku industri FMCG untuk menjadi bagian dari prioritas masyarakat ketika berbelanja.

Kemudian adanya kesamaan dari kesepuluh brand yang menempati peringkat teratas di studi Brand Footprint adalah, brand tersebut setidaknya dibeli oleh 60% masyarakat Indonesia atau setara dengan 42 juta rumah tangga.

Selain dibeli oleh 60 persen masyarakat, kesamaan lainnya adalah 10 brand peringkat teratas dibeli sebanyak 14x atau lebih dalam satu tahun.

FMCG dan fresh food menjadi dua kebutuhan terbesar di ketiga kelas masyarakat seperti kelas atas, menengah, dan bawah.

Meskipun demikian, terdapat perbedaan di kebutuhan ketiga masing-masing kelas masyarakat dimana kelas atas mengutamakan kendaraan, kelas menengah lebih banyak membeli durable goods, sementara kelas bawah memprioritaskan pakaian. Hal ini dikarenakan efek dari bulan Ramadhan dimana THR diberikan.

Hasil studi Kantar Indonesia menemukan jika produk Indomie tetap mempertahankan posisi teratas dari the Most Chosen FMCG Brand di Indonesia, disusul SoKlin, Mie Sedaap, Royco, Roma, Kapal Api, Indofood, dan Nabati.

Pendatang baru di 100 Peringkat Teratas (Rising Star Brands) adalah Le Minerale yang melesat 26 peringkat dari tahun lalu. Le Minerale berhasil masuk ke 100 peringkat teratas di klasemen Brand Footprint tahun ini.

Kemudian ada Milku. Pertama kali hadir sebagai produk susu cair dalam kemasan botol di tahun 2020, tahun ini Milku berhasil masuk ke klasemen 100 peringkat teratas Brand Footprint.

Populer

Bey Machmudin akan Serius Tangani Judi Online di Jabar yang Tembus Rp3,8 T

Rabu, 26 Juni 2024 | 18:20

Bey Machmudin Ingatkan Warga Jangan Coba-coba Mengakali PPDB

Selasa, 25 Juni 2024 | 03:45

Wali Kota Semarang Gratiskan Biaya di 41 SMP Swasta

Minggu, 23 Juni 2024 | 00:46

Menwa Siap Kerahkan 5 Ribu Personel ke Gaza Bersama TNI

Rabu, 26 Juni 2024 | 01:19

DPR Khawatir Investasi TikTok Permudah Produk China Masuk RI

Kamis, 27 Juni 2024 | 00:03

Wacana Bey Machmudin Rombak Komisaris BUMD Didukung Dewan

Minggu, 30 Juni 2024 | 13:24

Pemilu Iran di Jakarta

Jumat, 28 Juni 2024 | 14:24

UPDATE

Perdana, Jepang Luncurkan Uang Kertas Baru Berhologram

Rabu, 03 Juli 2024 | 14:04

Urus PTSL di KBB Warga Dikutip Lebih dari Rp150 Ribu

Rabu, 03 Juli 2024 | 14:03

Gagal Dikirim ke Libya, Drone Militer China Keburu Disita Italia

Rabu, 03 Juli 2024 | 14:00

Spotify Uji Coba Fitur Peringatan Darurat

Rabu, 03 Juli 2024 | 13:59

Jalan di Depan Kantor Zulhas Diblokir Buruh

Rabu, 03 Juli 2024 | 13:53

Dikunjungi Menlu Retno, PM Malaysia Bahas Krisis Palestina Hingga Myanmar

Rabu, 03 Juli 2024 | 13:48

Investor Kripto di Indonesia Terus Bertambah, Capai 20,16 Juta

Rabu, 03 Juli 2024 | 13:46

PPP Buka Suara soal Wacana Duet Anies-Sandi

Rabu, 03 Juli 2024 | 13:44

Kasus Judol Cuma Tindak Rakyat Bawah, Hukum Era Jokowi Tumpul ke Atas

Rabu, 03 Juli 2024 | 13:39

Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di Indonesia

Rabu, 03 Juli 2024 | 13:36

Selengkapnya