Di tengah persaingan ketat ecommerce yang hadir di dalam negeri, masing-masing platform belanja online itu dilaporkan terus berlomba-lomba dalam meningkatkan kepuasan terhadap konsumen.
Perusahaan riset dan jajak pendapat IPSOS Indonesia dalam riset "Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce" mengungkapkan bahwa Shopee, Tokopedia, TikTok Shop dan Lazada terus bersaing dengan melakukan sejumlah inovasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat.
Dikatakan Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma, seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, para platform ecommerce pun menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam.
"Melalui riset IPSOS kali ini, kami mengidentifikasi platform Marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut," kata Andi Sukma kepada wartawan, Kamis (20/6).
Adapun hasil riset itu menunjukkan bahwa Shopee lebih unggul dibandingkan platform belanja online lainnya dalam memenuhi kepuasan konsumen.
Situs belanja online asal Singapura itu memenuhi seluruh aspek yang diinginkan konsumen, di antaranya pilihan metode pembayaran yang beragam, kelengkapan produk, harga termurah, kecepatan pengiriman, kemudahan proses pengembalian barang, hingga fitur paylater.
"Melalui data yang ditemukan oleh IPSOS, dapat disimpulkan bahwa Shopee menjadi e-commerce yang unggul dalam upaya menghadirkan pengalaman belanja holistik paling memuaskan bagi pengguna," katanya.
Selanjutnya pilihan lain masyarakat jatuh kepada Tokopedia, yang kemudian disusul Lazada, dan terakhir TikTok Shop.
Menurut Andi, terpilihnya Shopee sebagai platform belanja online pilihan masyarakat ini telah memperlihatkan bahwa perusahaan itu memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja online holistik yang memuaskan dari awal hingga akhir bagi masyarakat.
"Shopee tidak hanya menawarkan pilihan metode pembayaran yang beragam, kelengkapan produk, harga yang termurah, dan ragam layanan pengiriman cepat serta proses pengembalian yang mudah, tetapi juga memanfaatkan fitur-fitur interaktif seperti live streaming dan video pendek untuk meningkatkan keterlibatan serta kepuasan konsumen," pungkasnya.