Berita

Politik

Sambut Piala Dunia 2022, Diaspora Indonesia Di Qatar Selenggarakan Turnamen IJFT4

SENIN, 23 JANUARI 2017 | 00:56 WIB | LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR

Masyarakat Indonesia yang tinggal di Qatar mendukung dan turut menyukseskan pelaksanaan Piala Dunia 2022 mendatang di negara tersebut. Salah satu bentuk dukungannya dengan menggelar turnamen sepakbola Indoqapco Junior Football Tournament ke-4 (IJFT4) di  Al Meer Club QAPCO, Mesaieed, Qatar.

Turnamen ini terselenggara berkat kerjasama Komunitas Diaspora Indonesia di Qatar dengan Qatar Football Association (QFA) dan Indonesian Football Association in Qatar (IFQ).

Memperebutkan Piala Duta Besar RI, turnamen ini diikuti oleh ratusan anak di bawah usia 15 tahun yang terdiri dari 31 skuad sepak bola dari seluruh penjuru Qatar antara lain kota Doha, Dukhan, Messaid, Wakrah dan Alkhor.

Turnamen diresmikan dengan penendangan bola simbolis oleh Duta Besar RI untuk Qatar, Marsekal Madya TNI (Purn.) Muhammad Basri Sidehabi bersama dengan Ketua IFQ, Dr. Rakhmat Soebekti dan Ketua Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (PERMIQA), Edwin Kurniawan dan  Presiden IndoQapco, Mujiyanto, Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Doha, Anwar Lukman Hakim.

"Turnamen ini merupakan bukti dukungan masyarakat Indonesia di Qatar menyukseskan Piala Dunia 2022," jelas Dubes Basri dalam sambutannya, seperti dikutip lewat siaran pers yang diterima Redaksi (Minggu, 22/1). Mantan Anggota DPR ini mengharapkan agar  turnamen ini menjadi ajang pendidikan toleransi, sprotivitas, gotong-royong, serta semangat bersaing bagi generasi muda.

Sementara itu Presiden IndoQapco, Mujiyanto menyatakan bahwa Tema ‘Selection and Development’ bermaksud untuk mencari dan mengembangkan pemain-pemain berbakat. Satu-satunya cara untuk hal tersebut adalah sering mengikuti pertandingan.

Menurut Dr. Rakhmat Soebekti, masyarakat Indonesia selalu mendukung program Qatar Football Association. "Kita selalu memperhatikan bakat-bakat yang ada, dan siap bertanding dalam Asian Communities Football Tournament mendatang," ungkapnya.

Sedangkan Ketua IJFT4, Fatullah Adrai, mengharapkan para peserta untuk menyalurkan pengalaman yang didapat dari IJFT ke pertandingan mereka di masa mendatang. "Yang paling penting didapat oleh anak-anak rasa percaya diri. Saya tak sabar untuk melihat mereka bertanding lagi, baik di ajang IJFT atau turnamen lainnya," ujarnya.

Kejuaraan IJFT4 dimenangkan oleh klub tuan rumah IndoQapco FC. Manajer IndoQapco FC, Jhon Hendra mengatakan kebanggaannya atas penampilan timnya dalam menjuarai turnamen. "Saya harap prestasi ini dapat lebih memacu teman-teman dalam berlatih dan bertanding," cetusnya.  

Menurut pejabat KBRI Doha, Boy Dharmawan,  pelaksanaan turnamen turut mengharumkan nama Indonesia di Qatar. "Sepakbola merupakan bagian dari diplomasi multi-track yang berperan meningkatkan hubungan bilateral RI-Qatar," papar pejabat yang bergelar Minister Counselor tersebut.

Ditambahkan bahwa turnamen ini juga merupakan bagian dari upaya KBRI untuk meningkatkan animo dan antusiasme masyarakat terhadap sepak bola sekaligus kontribusi diaspora Indonesia terhadap penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Turnamen ini juga telah melahirkan banyak pemain berbakat di Qatar. Pemain-pemain tersebut terpilih sebagai pemain yang dibina Aspire Academy (AA) yang juga memiliki beberapa cabang di luar negeri guna mencari bakat.

Aspire Academy merupakan tempat berkumpulnya berbagai atlit terbaik di Qatar dengan fasilitas yang canggih dan mewah. Beberapa diantara putra diaspora Indonesia berhasil terpilih sebagai bibit pemain yang merupakan bagian dari proyeksi Tim Nasional Qatar untuk persiapan Piala Dunia 2022. [zul]

Populer

Makin Ketahuan, Nomor Ponsel Fufufafa Dicantumkan Gibran pada Berkas Pilkada Solo

Senin, 23 September 2024 | 09:10

Pasukan Berani Mati Bela Jokowi Pembohong!

Minggu, 22 September 2024 | 14:03

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Kejagung di Bawah ST Burhanuddin, Anak Buah Jalan Masing-masing

Rabu, 25 September 2024 | 17:11

Akun Fufufafa Ganti Nama dari Gibran jadi Slamet Gagal Total

Senin, 23 September 2024 | 08:44

Pasukan Berani Mati Bela Jokowi Tak Nongol di Patung Kuda

Minggu, 22 September 2024 | 13:26

UPDATE

DPD Tunjuk Dedi Iskandar Batubara Jadi Ketua Kelompok di MPR

Rabu, 02 Oktober 2024 | 19:51

Pendirian 5 Yonif Baru di Papua Ternyata Ide Prabowo

Rabu, 02 Oktober 2024 | 19:28

Anak Sekjen PKS Usulkan Payung Hukum Cegah Judi Online

Rabu, 02 Oktober 2024 | 19:20

RK Janji Lanjutkan Program Anies Umrohkan Marbot Masjid

Rabu, 02 Oktober 2024 | 19:00

Tiga Raksasa Migas Bayar Pajak Lebih Besar ke Asing daripada ke AS

Rabu, 02 Oktober 2024 | 18:59

Airlangga Dorong Paradigma Limbah Sawit Diubah jadi Bernilai Ekonomi

Rabu, 02 Oktober 2024 | 18:54

Menko Airlangga Minta Kadin Ikut Genjot Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 02 Oktober 2024 | 18:39

Kolaborasi Dewan Adat Bamus Betawi-Kadin Menuju Jakarta Kota Global

Rabu, 02 Oktober 2024 | 18:39

Prabowo Berhak Serahkan Capim dan Dewas KPK ke DPR, Bukan Jokowi

Rabu, 02 Oktober 2024 | 18:32

Bisnis DAM Terus Tumbuh, ASDAMINDO Imbau Pelaku Usaha Ikuti Regulasi

Rabu, 02 Oktober 2024 | 18:19

Selengkapnya