Dimensy.id
R17

Semakin Mirip Manusia, Figure AI Lahirkan Robot Humanoid Figure 02

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 09 Agustus 2024, 09:58 WIB
Semakin Mirip Manusia, Figure AI Lahirkan Robot Humanoid Figure 02
Robot Figure 02/Tangkapan layar RMOL
rmol news logo Perusahaan rintisan robotika Figure AI kembali meluncurkan robot terbarunya, Figure 02 sebagai penerus Figure 01 yang diperkenalkan Maret lalu.

Dikutip dari Decript, Jumat (9/8), Figure 02 memiliki peningkatan yang signifikan, termasuk sistem AI yang disempurnakan, visi komputer yang lebih baik dengan enam kamera RGB bertenaga AI, dan paket baterai yang didesain ulang.

Beberapa perubahan memberi model ini beberapa keunggulan dibandingkan pesaingnya, seperti perangkat tangannya yang baru. Iterasi baru ini memiliki 16 derajat gerakan bebas, yang lebih banyak daripada robot kelas atas mana pun, meskipun masih jauh lebih sedikit daripada tangan manusia asli yang memiliki 27 derajat kebebasan.

Figure mengatakan pembaruannya juga menghadirkan sistem inferensi yang memproses informasi tiga kali lebih cepat dari model sebelumnya, dengan waktu proses 50 persen lebih lama dibandingkan generasi terbarunya, dan pembelajaran bertenaga AI serta koreksi mandiri untuk tugas-tugas kerja.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemampuannya, Figure AI juga bermitra dengan OpenAI yang akan menghadirkan bahasa tingkat lanjut dan pemrosesan visual pada robot mereka. Demo sebelumnya dari model Figure 01 memamerkan percakapan waktu nyata dan penyelesaian tugas yang digerakkan oleh AI.

Insinyur AI senior Figure, Corey Lynch, menjelaskan bahwa robot tersebut dapat "menggambarkan pengalaman visualnya, merencanakan tindakan di masa mendatang, merenungkan ingatannya, dan menjelaskan penalarannya secara verbal. Hal ini juga telah ditingkatkan pada Figure 02.

Figure AI baru-baru ini memperoleh valuasi sebesar 2,6 miliar dolar AS setelah mengumpulkan 675 juta dolar AS dari investor termasuk Microsoft, OpenAI, Nvidia, dan Jeff Bezos. OpenAI juga mendukung 1X, yang juga berfokus pada pengembangan robot humanoid bertenaga AI.

Video demo Figure 02 tampak mirip dengan peragaan robot Optimus Gen-2 buatan Tesla yang dirilis Desember 2023. Kedua robot menunjukkan ketangkasan dan gerakan yang lebih baik. Rangkaian alat AI dari Nvidia, termasuk Nim Microservices, OSMO, dan MimicGen mendorong sebagian besar kemajuan ini di seluruh industri.

Dengan terungkapnya Figure 02, pendiri Figure AI Brett Adcock tidak membuang waktu untuk melemparkan tantangan.

Menanggapi tantangan "Bring it on" sebelumnya dari CEO Tesla Elon Musk di Twitter, Adcock mengunggah meme "Lihat aku, aku kapten sekarang" yang diambil dari film Captain Phillips. 

Meskipun Musk kemudian menghapus tweet-nya, tanggapannya tetap ada.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA