Dimensy.id
R17

Figure AI Incar Suntikan Dana dari Microsoft dan OpenAI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 31 Januari 2024, 15:06 WIB
Figure AI Incar Suntikan Dana dari Microsoft dan OpenAI
Ilustrasi/Net
rmol news logo Startup pembuat robot mirip manusia, Figure AI, dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk mengumpulkan dana sebesar 500 juta dolar AS termasuk dari Microsoft dan OpenAI.

Sumber yang dikutip Nikkei mengatakan Figure sedang mencari investor tambahan untuk kesepakatan tersebut.

"Dalam satu skenario yang sedang dibahas, Microsoft akan menginvestasikan sekitar 95 juta dolar AS dan OpenAI akan menginvestasikan 5 juta dolar AS," kata sumber yang meminta tidak disebutkan namanya.

Sumber mengatakan, kesepakatan itu dapat memberi Figure valuasi uang muka sebesar 1,9 miliar dolar AS, sebuah ukuran nilai startup yang tidak termasuk pendanaan yang dikumpulkan.  

Saat ini Figure sedang mengerjakan robot bertenaga AI yang terlihat dan bergerak seperti manusia. Perusahaan tersebut berharap mesinnya, yang disebut Figure 01, akan mampu melakukan pekerjaan berbahaya yang tidak cocok untuk manusia dan teknologinya akan membantu mengurangi kekurangan tenaga kerja.

Mei 2023, Figure mengumpulkan putaran pendanaan sebesar 70 juta dolar AS yang dipimpin oleh Parkway Venture Capital.  

“Kami berharap menjadi salah satu kelompok pertama yang memasarkan humanoid yang benar-benar berguna dan melakukan aktivitas komersial," kata Chief Executive Officer Brett Adcock saat itu.

Industri robotika AI sedang banyak dikembangkan oleh sejumlah perusahaan teknologi.

Awal bulan ini, startup robotika AI Norwegia yang didukung OpenAI, 1X Technologies AS, mengumpulkan 100 juta dolar AS. Kemudian Sanctuary AI yang berbasis di Vancouver sedang mengembangkan robot humanoid yang disebut Phoenix.  

Tidak ketinggalan Elon Musk yang sebelumnya mengatakan Tesla sedang mengerjakan robot bernama Optimus. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA