Dimensy.id
R17

Ahli Robotika AS Ciptakan Robot yang Bisa Mengamputasi Diri Sendiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 16 Juli 2024, 12:08 WIB
Ahli Robotika AS Ciptakan Robot yang Bisa Mengamputasi Diri Sendiri
Robot ini bisa mematahkan bagian tubuhnya sendiri saat tertimpa benda berat/Net
rmol news logo Ahli robotika di The Faboratory Universitas Yale Amerika Serikat berhasil mengembangkan sebuah teknologi yang bisa membuat robot mengamputasi dirinya sendiri.

Hal ini persis seperti apa yang biasa dilakukan oleh hewan atau serangga, misalnya, reptil yang bisa mengamputasi sendiri anggota tubuhnya saat terdesak, atau semut yang membangun jembatan dengan menyatukan tubuh mereka untuk sementara.

Dalam satu video demo, para ahli menunjukkan sebuah robot berkaki empat yang lembut merangkak dan tertimpa sebuah batu yang kemudian menjepit kaki belakangnya. 

Dikutip dari Tech Crunch, Selasa (16/7), robot tersebut kemudian memutuskan satu kakinya setelah sendi reversibel yang menghubungkan kaki tersebut dipanaskan dengan arus listrik. Meskipun tidak diperlihatkan dalam video, anggota badan tersebut juga dikatakan dapat disambungkan kembali

Dalam video kedua mereka menunjukkan tiga robot yang mampu menyatu untuk melintasi sebuah celah.

Para ahli menggambarkan pekerjaan mereka dalam sebuah makalah, “Mesin Amputasi Diri dan Interfusi,” yang diterbitkan dalam Advanced Materials. Mereka berpendapat bahwa penggunaan teknik tersebut dapat menghasilkan robot masa depan yang mampu mengubah bentuk secara radikal melalui perubahan massa melalui autotomi dan interfusi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA