Dimensy.id
R17

Telkomsel Adopsi Wi-Fi 7, Kecepatan Internet sampai 10 Gbps

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 Juni 2024, 12:39 WIB
Telkomsel Adopsi Wi-Fi 7, Kecepatan Internet sampai 10 Gbps
Ilustrasi/Net
rmol news logo Telkomsel mengumumkan kesiapannya sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang mampu menghadirkan teknologi Wi-Fi 7.

Perusahaan telekomunikasi milik BUMN Telkom siap menawarkan kecepatan konektivitas bagi pelanggannya.

Vice President Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel Ronald Limoa mengatakan, Telkomsel telah menyelesaikan validasi teknologi Wi-Fi 7 pertama di Indonesia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Hal ini setelah melalui uji coba dengan mitra teknologi global.

"Menggandeng Kominfo dan sejumlah mitra teknologi global, kami terus berupaya menciptakan terobosan yang dapat menggerakkan kemajuan ekosistem digital dan transformasi industri telekomunikasi Indonesia," kata Ronald Limoa, dikutip Sabtu (8/6).

Sebagai evolusi terbaru dari teknologi Wi-Fi, Wi-Fi 7 yang diperkenalkan pada awal 2024 memiliki potensi untuk menyediakan kecepatan internet yang lebih tinggi, kapasitas pengguna yang lebih banyak, latensi yang lebih rendah, dan penghematan energi yang lebih baik dibandingkan generasi pendahulunya Wi-Fi 6.

Dalam uji coba bersama dengan spesifikasi perangkat jenis Low Power Indoor (LPI) Telkomsel dan Kementerian Kominfo, fungsionalitas dan kapabilitas Wi-Fi 7 telah menunjukkan kinerja dan stabilitas yang dapat meningkatkan pengalaman jaringan secara signifikan dan melampaui ekspektasi.

Melalui uji coba yang dilangsungkan bersama sejumlah mitra teknologi global, Telkomsel dan Kominfo telah meraih pencapaian signifikan dalam perjalanan Indonesia menuju era jaringan internet berkecepatan tinggi.

Direktur Penataan Sumber Daya Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo Denny Setiawan mengatakan uji coba bersama ini memberikan penyelenggara telekomunikasi untuk menjajal inovasi yang dapat meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat Indonesia.

Ia berharap ketika teknologi ini diimplementasikan, maka dapat mengakselerasi pencapaian Visi Indonesia Digital 2045.

"Kolaborasi berkesinambungan ini diharapkan dapat membantu mempercepat pencapaian Visi Indonesia Digital 2045," kata Denny. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA