Dimensy.id
R17

Google Dirikan Pusat Data dan Layanan Cloud Pertama di Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 31 Mei 2024, 18:28 WIB
Google Dirikan Pusat Data dan Layanan Cloud Pertama di Malaysia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Raksasa teknologi Google akan menginvestasikan 2 miliar dolar AS (Rp32,4 triliun) untuk mengembangkan pusat data pertama dan penyimpanan Google Cloud di Malaysia.

Google dalam pernyataannya pada Kamis (30/5) mengatakan bahwa pusat data dan wilayah cloud akan berlokasi di Sime Darby Property's, Elmina Business Park di negara bagian Selangor tengah.

Dijelaskan Google, pusat data ini akan mendukung layanan termasuk Pencarian, Peta, dan Ruang Kerja, dan akan membantu memberikan layanan AI, sementara pusat cloud akan menawarkan layanan kepada perusahaan lokal dan organisasi sektor publik.

“Malaysia dan Google bermitra untuk memajukan kerja sama kami guna menciptakan ekosistem yang mendukung inovasi dan membuka potensi transformasi digital,” kata Chief Financial Officer Google Ruth Porat, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (31/5).

Pemerintah Malaysia mengatakan investasi ini akan memajukan ambisi digital, dan kemampuan kecerdasan buatan (AI) serta teknologi canggih lainnya akan membantu industri lokal meningkatkan rantai nilai global.

Dengan populasi generasi muda yang melek teknologi sebanyak 670 juta jiwa, Asia Tenggara telah menarik banyak minat dan investasi dari raksasa teknologi termasuk Microsoft, Amazon, Nvidia dan Apple. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA