Dimensy.id
R17

Pembangunan Proyek Tenaga Surya Lepas Pantai Terbesar China Resmi Dimulai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 20 Mei 2024, 20:08 WIB
Pembangunan Proyek Tenaga Surya Lepas Pantai Terbesar China Resmi Dimulai
Gambar proyek fotovoltaik lepas pantai berkekuatan 200 megawatt, Kota Lianyungang, Provinsi Jiangsu, Tiongkok timur/Net
rmol news logo Pemerintah China memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga fotovoltaik lepas pantai berkapasitas 200 megawatt di Kota Lianyungang, Provinsi Jiangsu, Tiongkok timur, pada Minggu (19/5) waktu setempat.

Proyek ini, yang merupakan proyek terbesar di Tiongkok, diharapkan dapat menghemat sekitar 680.000 ton setara batu bara setiap tahun dan mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 1,77 juta ton.

Dikutip dari CGTN, Senin (20/5), proyek yang terletak di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Tianwan ini dibagi menjadi dua bagian: lepas pantai dan darat. Bagian lepas pantai terdiri dari lebih dari 3,3 juta modul fotovoltaik yang membentuk 480 susunan, sedangkan bagian darat merupakan penyimpanan energi berkapasitas 400 megawatt-jam.

Diperkirakan pengelolaan pembangkit listrik tersebut akan dipegang oleh sebuah perusahaan di bawah China National Nuclear Corporation (CNNC).

Proyek fotovoltaik baru ini, dikombinasikan dengan pembangkit listrik tenaga nuklir, akan membentuk basis energi komprehensif berskala besar dengan total kapasitas terpasang lebih dari 10 gigawatt. Proyek ini diharapkan menjadi contoh basis energi bersih terintegrasi nuklir-fotovoltaik. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA