Dimensy.id
R17

Microsoft: Waspadai Gangguan AI Tiongkok pada Pemilu AS, Korsel, dan India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Minggu, 07 April 2024, 04:51 WIB
Microsoft: Waspadai Gangguan AI Tiongkok pada Pemilu AS, Korsel, dan India
Tokoh pro-kedaulatan Taiwan, William Lai, yang menang dalam pilpres di bulan Januari 2024. Agen Tiongkok dan Korut diperkirakan agan ganggu pemilu di AS, Korsel, dan India.
rmol news logo Setelah gagal mengganggu proses pemilihan umum di Taiwan bulan Januari lalu, Tiongkok diperkirakan akan mengganggu pemilu di AS, Korea Selatan, dan India tahun ini. Caranya dengan memproduksi informasi yang tidak benar yang dihasilkan artificial intelligence (IA).

Sinyalemen ini disampaikan perusahaan teknologi Microsoft.

Microsoft mengatakan, pihaknya memperkirakan kelompok siber yang didukung  Tiongkok akan dibantu Korea Utara.

“Ketika masyarakat di India, Korea Selatan, dan Amerika Serikat pergi ke tempat pemungutan suara, kita mungkin akan melihat aktor siber dan pengaruh Tiongkok, dan hingga batas tertentu, aktor siber Korea Utara, berupaya untuk menargetkan pemilu ini,” tulis laporan tersebut,” sebut keterangan Microsoft hari Jumat (5/4) seperti dikutip dari Guardian.

Microsoft mengatakan bahwa “minimal” Tiongkok akan membuat dan mendistribusikan konten buatan AI melalui media sosial yang menguntungkan posisi mereka dalam pemilu.

Perusahaan itu juga menambahkan bahwa dampak konten buatan AI kecil namun memperingatkan bahwa hal itu dapat berubah.

“Meskipun dampak konten tersebut terhadap pengaruh pemirsa masih rendah, peningkatan eksperimen Tiongkok dalam memperluas meme, video, dan audio akan terus berlanjut ?" dan mungkin terbukti efektif di kemudian hari,” kata Microsoft.

Microsoft mengatakan dalam laporannya bahwa Tiongkok telah mencoba kampanye disinformasi yang dihasilkan oleh AI dalam pemilihan presiden Taiwan pada bulan Januari. Perusahaan tersebut mengatakan ini adalah pertama kalinya mereka melihat entitas yang didukung negara menggunakan konten buatan AI dalam upaya untuk mempengaruhi pemilu di luar negeri.

Sebuah kelompok yang didukung Beijing bernama Storm 1376, juga dikenal sebagai Spamouflage atau Dragonbridge, sangat aktif selama pemilu Taiwan. Upaya mereka untuk mempengaruhi pemilu termasuk mengunggah audio palsu di YouTube yang menampilkan kandidat Terry Gou yang mengundurkan diri pada bulan November mendukung kandidat lain.

Microsoft mengatakan klip itu “kemungkinan dibuat oleh AI”. YouTube menghapus konten tersebut sebelum menjangkau banyak pengguna.

Kelompok yang didukung Beijing ini menyebarkan serangkaian meme yang dibuat oleh AI tentang kandidat yang pada akhirnya menang dalam pilpres, William Lai, yang merupakan kandidat pro-kedaulatan yang ditentang oleh Beijing.

Ada juga peningkatan penggunaan pembawa berita TV yang dihasilkan oleh AI, sebuah taktik yang juga digunakan oleh Iran, dimana “jangkar” tersebut membuat klaim yang tidak berdasar tentang kehidupan pribadi Lai termasuk menjadi ayah dari anak-anak di luar nikah.

Microsoft mengatakan pembawa berita dibuat oleh alat CapCut, yang dikembangkan oleh perusahaan China ByteDance, pemilik TikTok.

Microsoft menambahkan bahwa kelompok Tiongkok terus melakukan kampanye pengaruh di AS. Dikatakan bahwa aktor-aktor yang didukung Beijing menggunakan akun media sosial untuk mengajukan “pertanyaan yang memecah belah” dan berupaya memahami masalah yang memecah belah pemilih AS.

“Hal ini bisa dilakukan untuk mengumpulkan intelijen dan ketepatan mengenai demografi pemilih utama menjelang pemilihan Presiden AS,” kata Microsoft dalam postingan blog yang menyertai laporan tersebut.

Salah satu postingan di X, sebelumnya Twitter, merujuk pada rancangan undang-undang bipartisan senilai 118 miliar dolar AS yang menggabungkan investasi senilai 20 miliar dolar AS di perbatasan AS-Meksiko dengan paket 75 miliar dolar AS untuk Ukraina dan Israel. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA